Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pelatih Persipura Sindir Kelakuan Stefano Cugurra di Pinggir Lapangan

By Mochamad Hary Prasetya - Sabtu, 26 Mei 2018 | 11:24 WIB
Pelatih Persipura, Peter Butler (kiri), memberikan keterangan pada konfrensi pers di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu (12/5/2018), usai laga Liga 1 2018 melawan Persib Bandung. (BUDI KRESNADI/BOLASPORT.COM)

Pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler, memberikan sindiran kepada pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra, terkait kelakukannya di pinggir lapangan dalam duel kedua tim.

Kedua tim bertemu dalam laga pekan ke-10 Liga 1 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5/2018) yang berakhir dengan kekalahan 0-2 bagi Persipura.

Sindiran itu tak lepas dari tingkah laku pelatih yang akrab disapa Teco tersebut ketika menemani Persija di pinggir lapangan.

Butler sedikit bingung kenapa Teco selalu meminta wasit mengeluarkan kartu dari kantongnya setelah pemain Persija dilanggar oleh Persipura.

Padahal menurutnya, hal itu seharusnya tidak boleh dilakukan oleh pelatih lainnya.

"Pelatih Persija itu apa-apa kartu kuning. Kalau saya, itu tidak perlu dan jangan melakukan hal tersebut karena itu bukan profesional," kata Butler.

(Baca juga: Ditundukkan Persija, Persipura Tampil Tak Maksimal karena Ada yang Sakit Perut)

Menurut pelatih asal Inggris itu, semua keputusan sudah seharusnya diserahkan kepada wasit.

Sebab, sepak bola itu harus dimainkan secara jujur.

Bahkan menurutnya, ini pertama kalinya ia melihat sosok pelatih yang terlalu melakukan protes berlebihan.

Menurut Butler, itu akan merusak sepak bola Indonesia.

"Untuk pertama kalinya saya melihat di dunia pelatih terus-terusan meminta kartu kepada wasit," kata Butler.

"Bagi saya itu tidak bagus karena saya melihat permainan Persija juga sangat bagus. Hal itu tentunya tidak bagus untuk sepak bola Indonesia," ucap pelatih yang pernah melatih beberapa klub di Malaysia, Singapura, Thailand, dan Myanmar tersebut.