Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sylvano Comvalius Sengaja Tak Gabung Persija, Persib, atau Persebaya

By Muhammad Robbani - Senin, 2 Oktober 2017 | 17:04 WIB
Penyerang Bali United, Sylvano Comvalius,  berpose setelah menjalani sesi wawancara dengan SuPerBall.id dan BolaSport.com, Kamis (28/9/2017).
FERI SETIAWAN/BOLASPORT.COM
Penyerang Bali United, Sylvano Comvalius, berpose setelah menjalani sesi wawancara dengan SuPerBall.id dan BolaSport.com, Kamis (28/9/2017).

Penyerang asing asal Belanda, Sylvano Comvalius punya alasan memilih Bali United ketimbang klub besar Indonesia seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, atau Persebaya Surabaya.

Comvalius sadar betul bahwa Bali United tak punya nama besar dibandingkan tiga klub tradisional Indonesia yang disebutkan di atas.

Dia juga tahu bahwa Bali adalah klub baru jelmaan Persisam Putra Samarinda yang memilih minggat ke Bali karena munculnya Pusamania Borneo FC di Samarinda.

Tapi justru hal-hal itu yang meyakinkan Comvalius untuk tak ragu memilih Bali sebagai pelabuhan baru dalam karier sepak bolanya.

"Saya tahu betul klub besar Indonesia adalah Persib, Persija, dan Persebaya, dan Bali adalah klub baru. Buat saya ini juga penting, karena saat pertama kali datang ke Indonesia saya tak akan dapat banyak tekanan karena status klub ini."

"Saya tahu jika bermain untuk Persib misalnya pasti akan ada banyak tekanan. Jika dalam lima pertandingan saya tak bermain bagus mungkin saya akan diminta keluar," kata Comvalius kepada SuperBall.id dan BolaSport.com.

Memilih klub baru yang sebelumnya tak pernah diperhitungkan, nyatanya jadi berkah buat Comvalius yang bisa tampil melebihi ekspektasi.

"Seperti saya bilang, saya tak ingin membebankan diri sendiri. Saya hanya percaya bisa mencetak gol. Ketika kamu datang ke negara baru, liga baru, klub baru, harus memperhatikan siapa rekan satu tim, siapa lawan kami, apakah kami ingin main menyerang, dan lain sebagainya."

"Mungkin di lima sampai enam pertandingan kami mungkin masih mencari jati diri, setelah sudah mendapatkan ritmenya saya rasa semuanya bagus, hanya langit batas kami, dan saya sudah percaya sejak saat itu,"

Tak hanya tampil melebihi ekspektasi, Comvalius juga senang bahwa Bali sangat cocok buat orang-orang asing seperti dirinya.

"Saya setuju Bali disebut surga, tak hanya buat orang asing tapi orang lokal juga setuju bahwa Bali adalah sesuatu yang berbeda dibanding tempat-tempat di Indonesia lainnya."

"Bali sangat western, buat orang asing seperti saya jadi mudah untuk beradaptasi dalam suasana baru di negara orang," tuturnya menjelaskan tentang Bali.


Editor : Gangga Basudewa
Sumber : superball.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X