Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Kemenpora Kirim Surat ke PSSI Terkait Liga 1 dan Liga 2

By Gangga Basudewa - Jumat, 10 November 2017 | 14:16 WIB
PSSI
Tribun-Jogja
PSSI

Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengirimkan surat ke Federasi Sepak bola Indonesia, PSSI.

Surat yang keluar pada Jumat (10/11/2017), itu berisi permintaan klarifikasi dan laporan penyelenggaraan terkait kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dan ditandatangani oleh Menpora Imam Nahrawi.

Menpora mengirimkan Surat Permintaan Klarifikasi dan Laporan Penyelenggaraan ke PSSI Terkait Kompetisi Liga 1 dan Liga 2

Dalam surat nomor 11.9.1/Menpora/XI/2017 perihal Permintaan Klarifikasi dan Laporan Terhadap Penyelenggaraan Liga 1 dan 2 kepada PSSI, terdapat 4 poin yang diminta Menpora.

Poin pertama, PSSI harus melaksanakan seluruh laga akhir (baik Liga 1 maupun laga terakhir setiap grup di 8 Besar Liga 2) serentak dalam waktu yang bersamaan.

Kedua, harus menayangkan secara live dan atau streaming atas seluruh laga yang akan menentukan juara dan degradasi.

Ketiga, tidak ada lagi melakukan perubahan-perubahan sanksi atau hukuman atau low of the game secara tiba-tiba/mendadak dan cendrung tidak konsisten, karena berpotensi mencederai kepercayaan publik pada kualitas kompetisi yang diadakan oleh PSSI atau PT LIB.

Dan Keempat, PSSI menyampaikan laporan secara lengkap kepada Pemerintah sesegera mungkin usai selesainya kompetisi Liga 1 dan Liga 2

Menpora sendiri mengeluarkan surat tersebut berdasarkan berbagai informasi yang didapat dari berbagai kalangan masyarakat dan pecinta bola di Indonesia.

"Meskipun kami bisa memahami tingkat kesulitan yang dihadapi PSSI dan PT LIB. Namun demikian sangat disayangkan banyak kontroversi yang sesungguhnya tidak perlu terjadi dan atau dapat diminimalisasi, mengingat harapan Pemerintah, FIFA, AFC dan Masyarakat umum demikian tingginya pada pengurus PSSI saat ini," dalam rilis Kemenpora.

Kompetisi Liga 1 belakangan menjadi kontroversi setelah Komdis PSSI mengeluarkan hukuman untuk Mitra Kukar dan memberi kemenangan untuk Bhayangkara FC. Keputusan itu membuat Bhayangkara FC semakin dekat dengan gelar juara Liga 1. Bhayangkara FC kemudian secara matematis memastikan gelar juara Liga 1 2017 setelah mengalahkan Madura United, Rabu (8/11). Sementara gelaran delapan besar Liga 2 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, terancam batal terkait izin.


Editor : Gangga Basudewa
Sumber : makassar.tribunnews.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.