Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Paman Choo, Sosok Pelatih Asing Pertama Timnas Indonesia

By Adif Setiyoko - Senin, 29 Januari 2018 | 15:30 WIB
Para pelatih atletik dan sepakbola ke Asian Games I di India. Kiri-kanan: Tampenawas, Mochtar Saleh, J.L. Manusama, Choo Seng Quee, Kresnoparmo dan De Baan.
ISTIMEWA
Para pelatih atletik dan sepakbola ke Asian Games I di India. Kiri-kanan: Tampenawas, Mochtar Saleh, J.L. Manusama, Choo Seng Quee, Kresnoparmo dan De Baan.

Sejumlah nama-nama pelatih asing telah hilir mudik mewarnai perjalanan sejarah Timnas Indonesia sejak pertama kalinya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) didirikan pada tahun 1930 hingga sampai saat ini.

Luis Milla, Alfred Riedl, Jacksen F Thiago hingga Ivan Venkov Kolev, telah silih berganti manjadi juru racik asing yang pernah mengemban tugas untuk menangani timnas Indonesia.

Siapa sangka, pelatih asing pertama timnas setelah Indonesia merdeka ternyata datang dari negeri tetangga.

Pelatih asing tersebut ialah Choo Seng Quee.

Choo Seng Quee merupakan pelatih sepak bola kelahiran Singapura.

Saat menjalani karier sebagai pemain sepak bola, Choo Seng Quee tercatat pernah berseragam klub asal Singapura, Singapore Chinese FA.

(Baca Juga: Stadion Manahan Solo Sudah Siap Jadi Tuan Rumah Delapan Besar Piala Presiden 2018)

 

Pelatih yang kerap disapa Paman Choo ini mulai menuai perhatian publik pasca ditunjuk menjadi pelatih Timnas Singapura di era 1949 hingga 1950.

Setahun berselang, Paman Choo diboyong oleh PSSI untuk mengarrsiteki Timnas Indonesia.


Editor : Aidina Fitra
Sumber : BolaSport.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X