Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

PSSI Pakai Kurikulum Ini dalam Penunjukkan Bima Sakti sebagai Pengganti Indra Sjafri

By Segaf Abdullah - Jumat, 24 November 2017 | 08:41 WIB
Asisten pelatih timnas U-23 Indonesia, Bima Sakti, tengah memberikan instruksi dalam laga uji coba kontra timnas U-23 Suriah di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (16/11/2017).
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM
Asisten pelatih timnas U-23 Indonesia, Bima Sakti, tengah memberikan instruksi dalam laga uji coba kontra timnas U-23 Suriah di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (16/11/2017).

Kurikulum Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) coba diterapkan oleh PSSI demi Timnas Indonesia di Piala Dunia 2034.

Salah satu proses dalam menjalankan kurikulum tersebut yakni menerapkan konsep kepelatihan berjenjang yang dimulai pada timnas U-23 dan U-19.

Hal itu diungkapkan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, dalam rilis yang diterima SuperBall.id dan BolaSport.com pada Jumat (24/11/2017) dini hari WIB.

"Dengan konsep ini, kami berharap terjadi komunikasi dan pembinaan yang baik pada masa transisi dari Indra Sjafri ke Bima Sakti," tutur Tisha.

Dalam Filanesia, seorang pelatih harus memiliki kemampuan dalam perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Selain itu, seorang pelatih juga minimal harus memiliki kompetensi inti yakni, wawasan sepak bola, kepelatihan, dan manajemen.

"Fokus PSSI kini lebih diarahkan kepada program usia muda dengan mengadopsi Filanesia yang diluncurkan pada Oktober lalu," ujar Tisha.

"Kami menyiapkan mimpi besar untuk tampil pada Piala Dunia 2034."

"Untuk mewujudkan mimpi tersebut, kita harus tampil lebih dulu di Olimpiade 2024 sebagai tolok ukur," ucap perempuan jebolan Insitut Teknologi Bandung (ITB) itu.


Editor : Aidina Fitra
Sumber : BolaSport.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.