Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

23 Tahun Lalu, Ketika Gus Dur Berbicara soal Timnas Indonesia

By Fallen Oktafian - Kamis, 7 September 2017 | 18:21 WIB
Tulisan Gus Dur soal Piala Dunia 1990 tertuang di Harian Kompas terbitan 11 Juli 1990
Harian Kompas
Tulisan Gus Dur soal Piala Dunia 1990 tertuang di Harian Kompas terbitan 11 Juli 1990

Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur diketahui rutin menulis tentang sepak bola pada ajang Piala Dunia 1994 di harian Kompas.

Salah satu tulisannya yang terkenal berjudul "Antara Kebanggaan dan Kekecewaan" merupakan proses analisis tim underdog dalam Piala Dunia 1994.

Dilansir SuperBall.id dari Kompas, Kamis (7/9/2017), tulisan Gus Dur berjudul "Piala Dunia, Eskapisme Berskala Raksasa" di Harian Kompas tanggal 11 Juli 1990 membahas mengenai Piala Dunia 1990 yang berkualitas lebih rendah bila dibandingkan dengan dua ajang Piala Dunia sebelumnya.

"Keterampilan individual tinggi ternyata tidak diimbangi dengan seni olah bola dan strategi brilian."

"Penurunan kualitas di dua bidang itu juga diperburuk oleh penampilan emosional banyak pemain," tulis Gus Dur.

Mantan Presiden ke-4 Republik Indonesia ini juga diketahui pernah mengirimkan tulisannya untuk Tabloid Bola pada tahun 1994.

"Piala Eropa lebih sangar, lebih berat dari Piala Dunia."

"Kualitas tim peserta putaran-final di Piala Eropa lebih teruji, lebih merata, dan persaingan yang muncul begitu ketat, tajam," tulis Gus Dur di Tabloid Bola, April 1994.

Diketahui dari laman Gusdurian, pada tahun 1994 memang Gus Dur banyak menulis tentang analisis sepak bola dalam ajang Piala Dunia di Amerika Serikat itu.

Salah satu tulisan mantan pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng adalah pembahasannya mengenai kuda hitam di Piala Dunia 1994 yang telah tampil membanggakan, mekipun akhirnya tetap kalah.


Editor : Aidina Fitra
Sumber : BolaSport.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.