Bawa 18 Pemain, Ini Target Timnas U-16 dalam Turnamen di Jepang

By Mochamad Hary Prasetya - Senin, 22 Januari 2018 | 21:57 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini (DOK PSSI)

Timnas U-16 Indonesia dijadwalkan mengikuti turnamen bertajuk Jenesys (The Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youth) di Jepang.

Rencananya turnamen itu akan digelar pada 6–15 Maret 2018 di Yamazakura Kirishima Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park.

Turnamen Jenesys adalah sebuah program undangan dari negara Jepang yang diikuti oleh tuan rumah Jepang serta 11 negara Asia Tenggara lainnya seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Timor Leste, Kamboja, Laos, Myanmar Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Bukan hanya bertanding, para pemain di turnamen ini juga akan belajar mengenai sepak bola di Jepang dan budayanya.

Untuk mengikuti turnamen itu, pelatih timnas U-16, Fakhri Husaini, hanya diperbolehkan membawa 18 pemain dan enam offisial tim ke Jepang.

Saat ini Fakhri sedang menyaring siapa saja nama-nama pemain yang pantas dibawa ke Jepang dengan menggelar pemusatan latihan di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur, dari 18-27 Januari 2018.

Sebanyak 30 pemain pun dipanggil oleh Fakhri untuk mengikuti pemusatan latihan tersebut.

Termasuk tujuh nama baru, yakni I made Riswanda Verdinan Danu, Moh. Arya Salim, Achmat Fahrul Aditia, Rachmat Hidayat, M. Tolohu, Muhammad Fajar Firdaus, dan Resky Ardiansyah.

"Sudah pasti kami akan melakukan pencoretan pemain karena turnamen di Jepang kami hanya boleh membawa 18 pemain sesuai dengan kuota yang diminta panitia," kata Fakhri di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Senin (22/1/2018).

"Kami akan mengumumkan penentuan pemain itu pada pemusatan latihan kedua yang nantinya digelar pada pertengahan Februari 2018 di Cijantung," ucap Fakhri menambahkan.