Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nganggur Usai Dipermalukan Shin Tae-yong 3 Kali, Pelatih Ini Lamar Timnas India

By Dwi Aryo Prihadi - Minggu, 7 Juli 2024 | 21:26 WIB
Philippe Troussier dikabarkan melamar untuk menjadi pelatih Timnas India seusai dipecat Vietnam karena dipermalukan Shin Tae-yong. (THETHAO247.VN, PSSI.ORG)

SUPERBALL.ID - Lama tak melatih seusai dipermalukan Shin Tae-yong tiga kali beruntun, Philippe Troussier akhirnya mengajukan lamaran ke Timnas India.

Troussier menganggur sejak dipecat sebagai pelatih Vietnam tak lama setelah dihajar Timnas Indonesia 3-0 dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Hanoi, akhir Maret lalu.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) sangat kecewa kepada Troussier karena kekalahan itu merupakan yang ketika kalinya secara berturut-turut dari Shin Tae-yong tahun 2024.

Kekalahan pertama, 0-1, terjadi dalam Piala Asia 2023 di Doha, Qatar.

Sedangkan kekalahan kedua, juga dengan skor serupa, dirasakan Troussier dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jakarta.

Sepanjang tahun 2024 sebelum dipecat, pria berusia 69 tahun itu mengalami enam kekalahan beruntun.

Baca Juga: Kelebihan Timnas Vietnam di Tangan Kim Sang-sik Dibandingkan Era Philippe Troussier

Merasa masih layak melatih, Troussier coba mengadu nasib dengan mengajukan lamaran ke Timnas India.

Federasi Sepak Bola Seluruh India (All India Football Federation/AIFF) memang sedang mencari sosok baru untuk mengisi kursi kosong pelatih setelah Igor Stimac dipecat, yang dipecat karena gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebagaimana dilaporkan Times of India, Sabtu (7/7/2024), AIFF kini telah menerima total 291 lamaran untuk posisi pelatih Timnas India.