Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Naturalisasi Bomber Asal Brasil Dipercaya Bikin Vietnam Setara dengan Timnas Indonesia

By Ragil Darmawan - Sabtu, 28 September 2024 | 19:07 WIB
Striker asal Brasil Rafaelson (kiri) resmi memperoleh kewarganegaraan Vietnam pada 20 September 2024. (DANTRI.COM.VN/MANH QUAN)

SUPERBALL.ID - Pakar sekaligus komentator sepak bola Vietnam Quang Huy menilai kehadiran Rafaelson sebagai pemain naturalisasi akan membuat Golden Star Warriors setara dengan Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Rafaelson resmi memperoleh kewarganegaraan Vietnam pada 20 September kemarin dan memiliki nama lokal Nguyen Xuan Son.

Striker asal Brasil tersebut dipercaya akan menjadi tambahan kualitas apabila dipanggil untuk memperkuat Timnas Vietnam.

"Sepak bola Vietnam berada dalam fase stagnan dan relatif menyedihkan," ujar Quang Huy sebagaimana dikutip SuperBall.id dari Dantri.

"Jadi kami sangat membutuhkan angin baru seperti Rafaelson untuk membuat tim lebih kuat."

Baca Juga: Pasukan Kim Sang-sik Semakin Kuat dengan Bomber Asal Brasil? Pakar Vietnam Bilang Tak Perlu Diragukan Lagi

Rafaelson sudah sangat familiar dengan sepak bola Vietnam karena dirinya telah bermain di V-League selama kurang lebih 5 tahun.

Striker dengan tinggi 185 cm dan bermain untuk klub Nam Dinh ini sebelumnya dianggap sebagai pemain asing yang sedang dalam performa terbaiknya, mencetak 71 gol di liga domestik Vietnam.

Pada musim 2023-2024, Rafaelson mencatatkan sejarah sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak dalam satu musim V-League dengan 31 gol (lebih dari separuh total gol tim).

Rafaelson dan Nam Dinh memenangkan kejuaraan V-League, memenangi gelar pencetak gol terbanyak dan masuk tim tipikal musim ini.