Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Hukum Berat Emiliano Martinez akibat Ulah Tengil dan Menjijikkan

By Taufik Batubara - Sabtu, 28 September 2024 | 19:48 WIB
Kiper Timnas Argentina Emiliano Martinez menempatkan trofi Sarung Tangan Emas Piala Dunia 2022 di Qatar. Dia kembali berulah di Kualifikasi Piala Dunia 2026, sehingga dihukum FIFA. (KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP)

SUPERBALL.ID - Jangan tiru ulah tengil dan menjijikkan kiper Argentina Emiliano Martinez ini, karena berujung sanksi berat dari FIFA.

Penjaga gawang Aston Villa itu akan melewatkan dua pertandingan Argentina berikutnya di kandang Venezuela 10 Oktober dan menjamu Bolivia 15 Oktober.

Dia dilarang FIFA bermain dua laga untuk timnasnya karena perilaku tak pantas dan ofensif.

Skorsing tersebut berkaitan dengan dua insiden pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Cile dan Kolombia pada bulan ini.

Martinez mengulangi selebrasi viralnya setelah kemenangan Piala Dunia 2022, yaitu dengan memegang atau menempatkan replika trofi di selangkangannya menyusul kemenangan 3-0 atas Cile pada 6 September di Estadio Monumental, Buenos Aires.

Pertandingan tersebut merupakan yang pertama bagi Timnas Argentina sejak menjuarai Copa America di Amerika Serikat pada Juli lalu.

Baca Juga: Kamboja Pecat Pelatih Asal Argentina Usai Dipermalukan Tim Terburuk Asia di Ranking FIFA

Kemudian, pada peristiwa kedua 10 September di Estadio Metropolitano Roberto Melendez, Barranquilla, Martinez memukul kamera wartawan dengan sarung tangan saat juru kamera mendekatinya di lapangan setelah kekalahan 2-1 dari Kolombia.

Rekaman menunjukkan Martinez memang memukul kamera dengan sarung tangannya setelah didekati di lapangan begitu peluit akhir dibunyikan.

Juru kamera itu, Jhonny Jackson, mengatakan kepada media Kolombia bahwa dia "sangat marah" dan mengklaim telah diserang oleh Martinez.