Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Curiga Wajah Tak Sesuai Tahun Lahir, AFC Hukum Pemain Timor Leste Palsukan Umur

By Eko Isdiyanto - Kamis, 3 Oktober 2024 | 11:13 WIB
Pemain Timor Leste, Jaimito Soares, dihukum AFC usai terbukti palsukan umur di tiga ajang sekaligus. (PSSI)

SUPERBALL.ID - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menghukum berat pemain Timor Leste yang terbukti palsukan umur di tiga ajang sekaligus.

Hukuman larangan bermain selama satu tahun dan denda 10 ribu dolar AS diberikan AFC kepda pemain Timor Leste, Jaimito Soares.

Berdasarkan penyelidikan AFC, Jaimito Soares terbukti melakukan pemalsuan umur guna memenuhi syarat mengikuti turnamen sejak 2019.

Seluruh kompetisi yang diikuti Jaimito Soares di antaranya Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, SEA Games 2021 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Jaimito Soares mendaftar ke turnamen tersebut dengan memalsukan tahun lahirnya menjadi 2003, namun banyak yang meragukan.

Pasalnya, wajah Jaimito Soares tidak memperlihatkan remaja dengan kelahiran tahun tersebut, hal ini pun dilaporkan ke AFC.

AFC yang menerima laporan itu segera melakukan investigasi terhadap asal-usul pemain Timor Leste itu hingga ditemukan fakta mengejutkan.

Dokumen yang dipakai Jaimito Soares untuk mendaftar di tiga turnamen di atas terbukti palsu dan tidak sah secara aturan.

"Jaimito Antonio Da Costa Soares telah melakukan pelanggaran berdasarkan Pasal 61 dan 70 Kode Disiplin dan Etik AFC, edisi 2018."

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 - Timnas U-20 Indonesia Betah di Puncak Klasemen usai Pulangkan Timor-Leste