Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

AFC Masih Tunggu Surat Protes PSSI, Ini Janjinya

By Taufik Batubara - Minggu, 13 Oktober 2024 | 07:57 WIB
Presiden AFC dari Bahrain, Sheikh Salman bin Ibrahim Al-Khalifa, melalui sekjennya berjanji akan mempelajari surat protes dari PSSI terkait kepemimpinan wasit yang merugikan Timnas Indonesia. (THE-AFC.COM)

SUPERBALL.ID - AFC langsung menanggapi PSSI yang melayangkan surat protes terkait wasit pertandingan Bahrain versus Timnas Indonesia.

Dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Riffa, Kamis (10/10/2024) malam itu, Timnas Indonesia merasa sangat dirugikan oleh wasit Ahmed Abu Bakar Al-Kaf.

Manajer Timnas Indonesia Sumardji bahkan langsung dihukum kartu merah ketika dari pinggir lapangan mengecam keras kepemimpinan wasit dari Oman itu.

Pelatih Skuad Garuda Shin Tae-yong dalam konferensi pers juga mengekspresikan kekecewaannya terhadap wasit tersebut.

Menurutnya, banyak keputusan Ahmed Al-Kaf yang merugikan Indonesia dan menguntungkan Bahrain, termasuk soal tambahan waktu.

"Mengenai tambahan waktu, seharusnya 6 menit namun menjadi lebih dari 9 menit. Lalu, keputusan-keputusan wasit yang menurut saya bias. Saya rasa semua orang bisa memahami kenapa para pemain kami kesal terhadap keputusan-keputusan itu," tegasnya.

Baca Juga: Bela Timnas Indonesia, Media Thailand Minta Wasit Timur Tengah Stop Pimpin Laga Tim-tim ASEAN

Tuan rumah Bahrain unggul lebih dulu melalui gol free-kick keras Mohamed Marhoon pada menit ke-15, yang sama sekali tak disangka kiper Maarten Paes.

Timnas Indonesia berhasil menyamakannya melalui Ragnar Oratmangoen menit ke-45+3.

Gol itu sempat dicek wasit melalui video assistant referee (VAR), tapi dalam tempo cukup lama, sehingga mengganggu dan mencemaskan kubu Indonesia.