Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Berkaca dari Kasus Catur Juliantono, Ini Imbauan Ridwan Kamil untuk Suporter Persib

By Anju Christian Silaban - Selasa, 5 September 2017 | 12:59 WIB
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil siap mengusahakan Jakmania datang ke Bandung saat Persija dijamu Persib pada 16 Juli 2016.
FIFI NOFITA/JUARA.NET
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil siap mengusahakan Jakmania datang ke Bandung saat Persija dijamu Persib pada 16 Juli 2016.

Meninggalnya Catur Julianto, suporter timnas yang terkena petasan saat laga Indonesia kontra Fiji. Sabtu (2/9/2017), menambah cerita kelam aksi minor suporter Indonesia.

Berkaca dari hal itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil buru-buru mengingatkan para suporter sepak bola, khususnya suporter Persib Bandung (bobotoh).

Ridwan Kamil mengimbau agar tak lagi membawa benda terlarang masuk stadion, salah satunya suar (flare) dan kembang api.

"Kepada seluruh penonton bola, kepada para bobotoh, jangan menganggap tindakan Anda itu hanya untuk diri Anda saja dampaknya. Setiap kecerobohan, sok jagonya Anda itu mengakibatkan kerugian," ujar Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Senin (4/9/2017).

Sosok yang akrab disapa Emil itu menilai sudah banyak kerugian yang diakibatkan aksi tak terpuji dari suporter.

Sebab itu, Emil meminta sudah saatnya oknum bobotoh meninggalkan hal negatif yang berakibat merugikan orang lain dan tim kesayangan.

"Siapa yang dirugikan? Sarana mungkin rusak, dua, citra bobotoh jelek, dan ketiga, Persib harus bayar denda gara-gara oknum yang bawa flare, yang nge-chant rasis, lempar botol mineral," tuturnya.

Menurut Emil, suporter sepak bola harus tetap berpikir logis dalam bertindak. Sebab, setiap kecerobohan akan berdampak buruk terhadap orang lain dan klub.

"Jadi, jangan mengatasnamakan apa pun yang dirugikan orang lain, kecuali mau tanggung jawab sendiri. Kalau tidak bisa, ya sudah, seperti peradaban bola yang lain, berprestasi dan penontonnya beradab. Tolong berpikir logis tiap tindakan ada konsekuensinya," ucapnya. (Dendi Ramdhani)


Editor : Gangga Basudewa
Sumber : BolaSport.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X