Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Eks Persija Jakarta Ceritakan The Jakmania di Eranya Masih Aktif Bermain

By Muhammad Robbani - Selasa, 12 September 2017 | 18:59 WIB
Suporter Persija Jakarta The Jakmania mengibarkan giant flag di Stadion Utama Gelora Bung Karno
ISTIMEWA
Suporter Persija Jakarta The Jakmania mengibarkan giant flag di Stadion Utama Gelora Bung Karno

Suporter Persija Jakarta The Jakmania, dikenal sebagai salah satu yang kelompok pendukung terbesar dan paling loyal di Indonesia.  

Jakmania kerap menempati posisi pertama dalam hal jumlah kehadiran paling banyak datang ke stadion untuk mendukung Persija dibanding kelompok suporter lainnya di Liga 1 musim ini.

Meski terbilang masih berusia muda, Jakmania mampu membentuk komunitasnya dan menjaring banyak anggota.

Padahal mereka baru dibentuk pada tahun 1997 karena keprihatinan beberapa loyalis Persija karena klub ibu kota itu sebelumnya diklaim tak mempunyai pendukung setia.

Pemain Persija era 1990an akhir, Andrian Mardiansyah, pernah merasakan dukungan langsung Jakmania mendukung klub kesayangannya saat klub masih bermain di Stadion Lebak Bulus.

Mardianyah yang perkuat Persija pada 1999-2001, mengatakan bahwa Jakmania sudah memenuhi stadion saat dirinya masih bermain dan merasakan betul loyalitas mereka.

"Pada masa saya masih perkuat Persija, The Jak sudah lumayan banyak, ya cuma belum sebanyak sekarang, tapi Lebak Bulus selalu penuh."

Pria asli Betawi itu menjelaskan bahwa Jakmania asal tempat tinggalnya di Sumur Batu, Kemayoran, juga selalu menyumbang banyak orang ke stadion untuk mendukung Persija.

"The Jak sudah selalu memenuhi stadion waktu itu, waktu saya masih The Jak juga mereka selalu mengirim dua metromini penuh dari anak-anak Sumur Batu," kata Mardianysah menerangkan kepada BolaSport.com dan SuperBall.id.


Eks pemain Persija Jakarta dan Timnas Indonesia Andrian Mardiansyah.(FERNANDO RANDY/TABLOID BOLA)


Editor : Aidina Fitra
Sumber : superball.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X