Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Masih Aktif Bermain, Bek Andalan Borneo FC Ini Ambil Lisensi Pelatih

By Jumat, 15 Desember 2017 | 11:42 WIB
Ekspresi pemain Pusamania Borneo FC, Leonard Tupamahu (kanan).
SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM
Ekspresi pemain Pusamania Borneo FC, Leonard Tupamahu (kanan).

Bek Borneo FC Leonard Tupamahu diketahui mengikuti pelatihan lisensi pelatih C AFC di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/12/2017).  

Leo masuk dalam 24 nama yang mengikuti program pelatihan lisensi C AFC dari PSSI.

Ia tekun mendengarkan arahan instruktur pelatih, Emral Abus dan asisten Edi Simon Badawi.

Menurutnya pelatihan ini merupakan kesempatan besar dalam karirnya untuk menyerap ilmu kepelatihan.

"Tujuan saya ikut ini untuk mencari ilmu kepelatihan dan mendapatkan lisensi pelatih C AFC. Kalau sudah mendapat lisensi tersebut, jadi modal penting buat kita untuk menjadi pelatih ke depannya," ujar bek bernomor punggung 32 ini.

(Baca Juga: Widodo C Putro Sebut Pemain Muda Bisa Jadi Pemain Inti di Bali United, Asalkan...)

 

Leo menjelaskan, keikutsertaannya pada program lisensi ini bukan serta-merta membuatnya langsung banting setir menjadi pelatih.

Justru baru-baru ini kontra Leo diperpanjang sebagai pemain Borneo FC untuk musim 2018.

Ia mengaku masih ingin bermain hingga 5 tahun lagi. Padahal saat ini Leo sudah menginjak usia 35 tahun.

"Saya belum mau gantung sepatu. Masih ingin bermain sampai usia 40 tahun, sekarang usia saya 35 tahun, masih ada 5 tahun lagi lah," ucapnya.


Leonard Tupamahu (rompi merah) mendengarkan arahan instruktur pelatih Emral Abbus dan asisten Edi Simon Badawi pada pelatihan lisensi pelatih C AFC di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/12/2017). (CORNEL DIMAS/TRIBUNKALTIM.CO)

Keputusan Leo mengikuti program pelatihan ini sangat didukung keluarganya. Sejak tanggal 4 Desember lalu, rutinitasnya mulai berubah.

Setiap pagi, ia harus meninggalkan istri dan anaknya yang masih balita untuk bertolak ke Tenggarong mengikuti program Lisensi C AFC.

Selain dukungan keluarga, ia juga bersyukur lantaran jadwal pelatihan ini tak  mengganggu kesibukannya sebagai pesepakbola profesional. Lantaran klubnya saat ini masih dalam suasana libur.

(Baca Juga: Sriwijaya FC ingin Uji Coba Lawan Tim Malaysia)

"Ya syukurnya ini kegiatannya di luar persiapan tim Borneo FC. Saya sangat beruntung mendapat kesempatan di saat waktu luang saya ini bisa dimanfaatkan untuk mengambil lisensi pelatih. Sekaligus ini kembali latihan juga," tutur Leo.

Dalam beberapa hari ke depan, Leo harus berkonsentrasi menghadapi ujian program pelatihan Lisensi C AFC. Ia berharap bisa lulus dengan predikat baik dan mengantongi lisensi pelatih.

Selain Leo, ada pula Isnan Ali, Victor Simon, dan Sukardi Kardok yang mengikuti pelatihan lisensi C AFC di Kota Raja.

 

A post shared by SuperBall.id (@superballid) on

 


Editor : Andi Ernanda
Sumber : BolaSport.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X