Advertorial

Bagi Pasien Covid-19 dengan Gejala Ringan, Ini Langkah Isolasi Mandiri di Rumah

By Nana Triana - Selasa, 6 Juli 2021 | 12:04 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri.
Pexels/Polina Tankilevitch
Ilustrasi isolasi mandiri.

SUPERBALL.ID - Dalam dua minggu terakhir jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia melonjak. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Senin (5/7/2021), kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 309.999 orang.

Hal ini berdampak pada ketersediaan tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) yang mencapai 100 persen. Oleh karena itu, banyak pasien terkonfirmasi positif Covid-19 kesulitan untuk mendapatkan akses perawatan di rumah sakit.

Namun, bagi pasien bergejala ringan sebaiknya tidak perlu merasa khawatir. Sebab, ketika seseorang terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan bisa melakukan penyembuhan di rumah dengan isolasi mandiri.

Spesialis penyakit dalam dan konsultan penyakit dalam  dari Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet dr Andi Khomeini Takdir, Sp PD (K-Psi) menjelaskan, ada beberapa kiat khusus untuk menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

“Pertama-tama pasien harus memakai masker. Kedua, kamar harus terpisah dan pastikan jendela kamar isolasi mandiri pasien terbuka,” jelas Dokter Andi dalam dialog interaktif yang diselenggarakan KPCPEN dan disiarkan FMB9ID_IKP, dalam rilis yang diterima Superball, Selasa (6/7/2021).

Dokter Andi juga menekankan bagi pasien yang menjalani isoman harus menjaga makanan dengan gizi seimbang. Termasuk dari dukungan keluarga yang selalu mensuport dan mendorong pasien supaya cepat sembuh.

“Kalau di rumah sakit, ada dokter dan perawat yang mendukung. Saat di rumah, keluarga harus menjadi pendukung agar selera makan pasien tetap terjaga,” sarannya.

Lebih lanjut, Dokter Andi memperingatkan, pasien yang menjalani isoman agar tidak mendiagnosis diri sendiri, jika memungkinkan harus terus berkonsultasi dengan dokter.

“Apabila gejala yang dirasa semakin berat, pasien perlu untuk menghubungi dokter. Untuk memastikan dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Dokter Andi.

Aktor Ben Kasyafani yang sempat terkena Covid-19 menyarankan, bagi pasien yang tengah menjalani isoman untuk terus berpikir positif.


Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.