Advertorial

Ini Sejumlah Langkah Pemerintah untuk Bangkitkan Industri Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi

By Nana Triana - Jumat, 3 September 2021 | 18:23 WIB
Dalam dialog virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) – KPCPEN, Selasa (2/9/2021).
Dok. KCPPEN
Dalam dialog virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) – KPCPEN, Selasa (2/9/2021).

SUPERBALL.ID - Sampai saat ini, pemerintah terus berupaya memberikan dukungan bagi sektor-sektor industri yang terdampak Pandemi Covid-19, termasuk industri ekonomi kreatif (ekraf).

Melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Pemerintah memberikan stimulus agar industri ekraf kembali menggeliat. Melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yang di antaranya diwujudkan dalam dana stimulus Bangga Buatan Indonesia (BBI), serta PEN untuk pelaku ekraf perfilman.

Berbeda dengan PEN perfilman, BBI merupakan salah satu bantuan yang ditujukan agar para pelaku ekraf mampu memaksimalkan ranah digital sebagai media penjualan. Adapun stimulus BBI akan diluncurkan dalam bentuk pemberian voucher untuk  meningkatkan jumlah transaksi produk ekraf melalui e-commerce.

“Jadi penerima manfaatnya adalah para produsen,” ujar Selliane.

Untuk menerima bantuan BBI tersebut, Selliane menyebut, pelaku Ekraf harus beberapa persyaratan, di antaranya produk buatan Indonesia, produsen adalah warga negara Indonesia, memiliki Nomor Izin Berusaha, punya sertifikat merek, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 - Lionel Messi Nyaris Patah Kaki Akibat Tekel Brutal, Argentina Menang

“Insentif ini bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM segera on board ke platform digital. Total anggaran program ini mencapai Rp 200 miliar dan sekarang tengah dalam masa promosi,” lanjut Selliane.

Kolaborasi dengan pemerintah daerah

Selain meluncurkan program PEN, pemerintah pusat juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah misalnya Pemerintah Provinsi Jawa barat (Jabar) dan Kota Semarang untuk menghadirkan satu inovasi yang mampu membangkitkan industri ekraf.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menurutnya, ekraf digital dapat memperoleh peluang dan meningkatkan pendapatan hingga 3-4 kali lipat di masa pandemi.


Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.