Advertorial

Survei Ipsos: Program Kartu Prakerja Berhasil Sentuh Banyak Kalangan

By Fathia Yasmine - Jumat, 24 September 2021 | 15:32 WIB
Dialog Produktif KPC PEN terkait kartu prakerja
Dok. KPC PEN
Dialog Produktif KPC PEN terkait kartu prakerja

SUPERBALL.id – Program Kartu Prakerja saat ini telah memasuki gelombang ke-21. Selama proses penyelenggaraannya, program ini telah menjangkau lebih dari 11,4 juta penerima manfaat.

Adapun program ini menyasar pencari kerja, pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)

Melalui Kartu Prakerja, penerima manfaat akan mendapatkan saldo bantuan awal. Nantinya, saldo tersebut akan dipotong untuk membayar berbagai kategori pelatihan yang disediakan dan dipilih sesuai minat.

Setelah berhasil mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, penerima manfaat kemudian dapat mencairkan insentif sebesar Rp 600.000 per bulan. Seluruh rangkaian pelatihan maupun pencairan insentif pun dilakukan secara online.

Baca Juga: Arsenal Vs Tottenham - Prediksi David Seaman Jelang Laga Derbi, Ada Satu Kekhawatiran

Terkait proses penyelenggaran Kartu Prakerja, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjelaskan bahwa manajemen telah menerima sekitar 75 juta pendaftar.

Dari jumlah tersebut, kata Denni, calon penerima manfaat kemudian diseleksi. Adapun tujuan Kartu Pekerja dijelaskan Denni sebagai salah satu pancingan guna meningkatkan kompetisi masyarakat.

Melalui cara tersebut, penerima manfaat tidak hanya mendapatkan modal berupa dana bantuan tetapi juga menerima wawasan baru sesuai yang didapatkan penerima manfaat saat mengikuti program.

“Tujuan utama program Kartu Prakerja adalah memberikan pancing dalam bentuk pelatihan  peningkatkan kompetensi, bukan memberikan ikannya,” ungkap Denni melalui pernyataan resmi, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: William Gallas Tak Habis Pikir dengan Keputusan Arsenal: Saya Tidak Kenal



Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA