Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Fakta Menarik Asian Games 2022, Pesta Olahraga yang Ramah Lingkungan

By Dwi Aryo Prihadi - Sabtu, 23 September 2023 | 22:18 WIB
Ilustrasi logo Asian Games 2022.
ASIAN GAMES 2022
Ilustrasi logo Asian Games 2022.

SUPERBALL.ID - Asian Games 2022 Hangzhou akan menjadi pesta olahraga yang ramah lingkungan berkat sejumlah terobosan yang dilakukan oleh kota tuan rumah.

Pada tahun 2020, Pemerintah Tiongkok menetapkan tujuan untuk mencapai puncak emisi karbon pada tahun 2030 dan netralitas karbon pada tahun 2060.

Dengan orientasi “2 tujuan karbon”, seluruh venue kompetisi di Asian Games 2022 akan menggunakan penggunaan listrik ramah lingkungan untuk mengubah Asian Games ini menjadi “Asian Games Hijau".

Hal ini dapat terwujud berkat pencapaian luar biasa industri energi baru Tiongkok, ketika kapasitas pembangkit energi terbarukan telah melampaui pembangkit listrik tenaga panas, 50 persen peralatan tenaga angin dan 80 persen peralatan energi surya di dunia disediakan oleh perusahaan Tiongkok.

Baca Juga: Fakta Menarik Asian Games 2022, Makna di Balik Logo dan Maskot

Sebuah panel surya di provinsi Qinghai dengan kapasitas pembangkit rata-rata 2,2 listrik per hari cukup untuk menyalakan bola lampu hemat energi di Gimnasium Pusat Olahraga Olimpiade Hangzhou selama 220 jam.

Dengan 16 kontrak pasokan listrik ramah lingkungan untuk Asian Games 2022, jumlah total listrik mencapai 621 juta kWh atau setara dengan penghematan 76.000 ton batu bara.

Mulai bulan Maret hingga akhir tahun 2023, seluruh 56 venue kompetisi di Asian Games 2022 akan menggunakan listrik ramah lingkungan.

Kriteria "Green Asian Games" dihitung secara rinci hingga konsumsi energi setiap bola lampu, setiap AC, dan setiap elevator.

Lantai 4 dan 5 Gimnasium Pusat Olahraga Olimpiade Hangzhou dibagi menjadi lebih dari 70 area untuk memasang sensor guna mengukur suhu, kelembapan, cahaya, dan kepadatan pejalan kaki.


Editor : Ragil Darmawan
Sumber : Nhandan.vn

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X