Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tuan Rumah Euro 2028 Terancam Usai Pemerintah Batalkan Pembangunan Stadion Baru Senilai 400 Juta Pound

By Ragil Darmawan - Minggu, 15 September 2024 | 13:34 WIB
Kondisi Stadion Casement Park di Belfast, Irlandia Utara, pada 19 Maret 2024.
Paul ELLIS / AFP
Kondisi Stadion Casement Park di Belfast, Irlandia Utara, pada 19 Maret 2024.

SUPERBALL.ID - Pemerintah Inggris telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan mendanai pembangunan kembali Stadion Casement Park senilai 400 juta pound, salah satu venue yang akan menggelar Euro 2028.

Inggris dan Irlandia akan segera menjadi tuan rumah dalam Kejuaraan Sepak Bola Eropa edisi berikutnya.

Hal itu dipastikan setelah UEFA secara resmi mengonfirmasi keberhasilan tawaran mereka pada Oktober tahun lalu.

Sebanyak 10 stadion di Inggris, Skotlandia , Wales, Irlandia Utara, dan Republik Irlandia akan digunakan untuk menggelar pertandingan, termasuk dua stadion yang belum dibangun.

Kedua stadion tersebut adalah Stadion Everton di Liverpool yang hampir selesai dan Stadion Casement Park di Belfast yang telah ditutup sejak 2013.

Rencana telah dibuat untuk membangun kembali stadion itu menjadi berkapasitas 30.000 kursi, yang sebagian akan didanai oleh pemerintah Inggris.

Pembangunan tersebut harus selesai paling lambat pada musim panas tahun 2027.

Namun, pada Jumat malam kemarin, diumumkan bahwa mereka membatalkannya karena biaya yang meroket dan kurangnya kemajuan proyek.

Berikut isi surat bersama dari Sekretaris Irlandia Utara Hilary Benn dan Menteri Olahraga Lisa Nandy kepada Menteri Stormont Gordon Lyons:

"Setelah meminta saran dan analisis ahli, kami menyimpulkan bahwa ada risiko signifikan bahwa stadion tidak akan dibangun tepat waktu (termasuk untuk menyelenggarakan acara uji coba penting, jauh sebelum turnamen)."


Editor : Ragil Darmawan
Sumber : Metro.co.uk

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X