Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Pelatih Kiper Timnas U-19 Tuntut Penjaga Gawang Tingkatkan Reflek Kaki

By Segaf Abdullah - Rabu, 21 Februari 2018 | 17:22 WIB
Pelatih kiper timnas U-19 Indonesia, Mukti Ali Raja, berpose seusai sesi latihan dalam rangkaian training camp (TC) timnas U-19 di Lapangan B, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2018).
SEGAF ABDULLAH/BOLASPORT.COM
Pelatih kiper timnas U-19 Indonesia, Mukti Ali Raja, berpose seusai sesi latihan dalam rangkaian training camp (TC) timnas U-19 di Lapangan B, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2018).

Pelatih kiper Timnas U-19 Indonesia, Mukti Ali Raja, menyambut positif penerapan filosofi sepak Bola Indonesia (Filanesia) dalam materi pelatihan penjaga gawang.

Dalam Filanesia, persentase porsi latihan kiper tentang bagaimana memaksimalkan tepisan menggunakan tangan dikurangi.

Mencapai 75 persen, kini materi latihan kiper lebih dititikberatkan pada peningkatan kemampuan individu penjaga gawang, yakni dengan memaksimalkan kaki.

"Ya, itu bagus. Saya sangat setuju. Kini, kiper-kiper di dunia juga sudah menerapkan hal itu," ucap Mukti Ali Raja kepada SuperBall.id dan BolaSport.com, Rabu (21/2/2018).

"Perkenalan ke sepak bola Indonesia mungkin bermasalah pada awalnya."

(Baca Juga: Gustavo Lopes Akhirnya Gabung dengan Arema FC)

"Namun, untuk generasi yang akan datang akan tahu bahwa kiper tidak hanya harus bagus menggunakan tangan," tutur eks pelatih kiper Persita Tangerang itu.

Maka, Mukti Ali sekaligus menuntut dirinya untuk menggembleng kiper-kiper Timnas U-19 dengan melatih refleks kaki, distribusi bola, hingga akurasi operan.

Beruntung, Mukti telah mengenal gaya bermain dua dari tiga kiper Timnas U-19 yang ada.

Kedua kiper itu yakni, Aqil Savik dan Gianluca Pagliuca Rossy. Sementara satu penjaga gawang lainnya yaitu Rakasurya Handika.

 


Editor : Aidina Fitra
Sumber : BolaSport.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.