Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Drawing Putaran Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Irak Dapat Berkah dari Timnas Indonesia

By Ragil Darmawan - Jumat, 21 Juni 2024 | 04:17 WIB
Bintang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan (kiri) berebut bola dengan Rebin Ghareeb Adhamat dari Irak dalam laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

SUPERBALL.ID - Pembagian pot unggulan untuk drawing atau pengundian grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sudah bisa dipastikan menyusul update ranking FIFA terbaru.

Seperti diketahui, pengundian grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024).

Dalam pembagian pot, setiap tim diurutkan berdasarkan ranking FIFA terbaru, mulai dari peringkat tertinggi (pot 1) hingga peringkat terendah (pot 6).

Nantinya, satu dari tiga tim di masing-masing pot tersebut akan diambil dan dibagikan menjadi tiga grup (Grup A, Grup B, dan Grup C).

Setelah pembagian grup yang terdiri dari enam tim, dua peringkat teratas di klasemen akhir berhak main di putaran final Piala Dunia 2026.

Sedangkan tim yang finis di peringkat tiga dan empat klasemen masih bisa lolos ke Piala Dunia, tapi harus melalui putaran keempat kualifikasi.

Berdasarkan ranking terbaru FIFA (per 20 Juni 2024), Timnas Indonesia tak beranjak dari posisi ke-134 dunia.

Dari 18 peserta kualifikasi putaran ketiga, hanya Kuwait yang memiliki ranking FIFA lebih rendah dari Indonesia.

Oleh sebab itu, skuad Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong akan masuk ke pot unggulan terakhir alias pot 6.

Baca Juga: Update Ranking FIFA Juni 2024 - Timnas Indonesia Tak Beranjak, Malaysia Naik 3 Peringkat