Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vietnam Dipaksa Punya Pemain Keturunan Seperti Indonesia, Pakar Eropa: Cari di Media Sosial!

By Eko Isdiyanto - Jumat, 21 Juni 2024 | 11:00 WIB
Skuad Timnas Vietnam telah tiba di Basra untuk menghadapi laga kontra Timnas Irak di Kualfikasi Piala Dunia 2026. (VFF.ORG.VN)

SUPERBALL.ID - Pakar sepak bola asal Inggris, Steve Darby, memaksa Vietnam harus punya pemain keturunan seperti halnya Indonesia guna meningkatkan level tim.

Timnas Indonesia dianggap sukses dengan para pemain keturunan yang berkarier di Eropa, hal itu harus dicontoh oleh Vietnam.

Vietnam tidak boleh diam dan harus segera memulai pencarian terhadap para pemain keturunan di luar negeri guna memperkuat timnas.

Hal itu dilontarkan salah satu pundit ESPN asal Inggris, Steve Darby, ketika ditanyai pendapat tentang naturalisasi Timnas Indonesia.

Meski begitu, Steve Darby menyoroti kesulitan yang bakal dihadapi Federasi Vietnam dalam menemukan para pemain keturunan di luar negeri.

"Sepak bola Vietnam harus segera memulai pencarian pemain profesional asal Vietnam yang diakui FIFA yang bermain di seluruh dunia," ucap Steve Darby.

"Barangkali, para pemain tersebut memiliki rasa patriotisme dan kebanggaan nasional yang tak kalah dengan pemain kelahiran Tanah Air.

"Brendan Gan dari Malaysia adalah contoh tipikalnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Steve mendukung upaya naturalisasi namun terhadap pemain yang hanya memiliki garis keturunan Vietnam.

Baca Juga: Timnas Indonesia Punya Maarten Paes, Vietnam Gak Mau Kalah, Satu Kiper dari Eropa Siap Dinaturalisasi Lagi