Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Malaysia Bakal Bergaya Tiki-taka? Pengamat Lokal: Tidak Mungkin!

By Eko Isdiyanto - Selasa, 23 Juli 2024 | 20:40 WIB
Timnas Malaysia menang 3-1 atas Taiwan di laga terakhir Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2026. (FAM.ORG.MY)

 

SUPERBALL.ID - Timnas Malaysia diragukan bergaya Tiki-taka meski memiliki pelatih baru yang berasal dari Spanyol eks Barcelona, Pau Marti Vincente.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memilih sosok Pau Marti sebagai pengganti Kim Pan-gon untuk mengisi kursi pelatih Timnas Malaysia.

FAM juga menunjuk mantan pelatih timnas U-23, Elangowan Elavarasan sebagai asisten pelatih Timnas Malaysia mendampingi Pau Marti.

Seiring penunjukkan Pau Marti, beredar isu bahwa Timnas Malaysia bakal memiliki perubahan dalam pola bermain, yakni menggunakan teknik Tiki-taka.

Kabar itu sudah sampai ke telingan mantan pemain timnas Harimau Malaya, Razman Roslan, yang mengaku tak yakin dengan penerapan Tiki-taka.

Meski begitu, kualitas Pau Marti tetap diakui sebagai pelatih dengan rencana taktis yang lebih matang ketimbang pelatih sebelumnya.

"Pelatih mana pun yang mengambil tempat, yang terpenting adalah pemain itu sendiri yang dipanggil atau masuk skuad nasional," ucap Razman Roslan.

"Pemain harus mengikuti semua taktik dan persyaratan pelatih. (Hal ini) karena pelatih lebih mengetahui strategi atau taktik saat pertandingan."

"Jadi kalau saya mungkin pernah mendengar sebelumnya bahwa Pau Marti akan memperkenalkan pola permainan tiki-taka, kami tidak yakin," imbuhnya.

Baca Juga: Mengaku Rugi, Presiden Federasi Malaysia Tertipu Mulut Manis Kim Pan-gon