Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bawa-bawa Warna Kulit, Publik Vietnam Diminta Terima Pemain Naturalisasi Apa Adanya

By Eko Isdiyanto - Senin, 23 September 2024 | 07:00 WIB
Pro dan kontra naturalisasi Rafaelson dari Brasil tengah merebak di kalangan masyarakat Vietnam. (DANVIET.VN)

SUPERBALL.ID - Naturalisasi pemain asal Brasil ternyata menimbulkan kontroversi di kalangan fan Timnas Vietnam, warna kulit sampai dibawa-bawa.

Kesuksesan naturalisasi Rafaelson menjadi Warga Negara Vietnam ternyata tak sepenuhnya didukung fan skuad berjuluk The Golden Star Warriors.

Quang Tung selaku salah satu pundit lokal sepak bola punya pandangan tersendiri terhadap naturalisasi di tubuh Timnas Vietnam.

Menurut Quang Tung, naturalisasi merupakan tren sepak bola di era saat ini dan Vietnam harus mengikuti tren global yang sedang terjadi.

Naturalisasi bukan hal yang bisa disalahkan atau dibenarkan sepenuhnya, tindakan ini juga tidak bertentangan dengan hukum.

Termasuk di Vietnam, selain kesepakatan para pemangku kebijakan, naturalisasi juga memerlukan pandangan dari sudut pandang masyarakat.

Dan jika ada sebagian masyarakat yang tidak sepakat, maka hal itu seharusnya dianggap wajar karena sudah lumrah di negara lain.

"Ini soal opini, ada kalanya masuk akal, ada kalanya tidak," ucap Quang Tung.

"Persoalan itu mungkin awalnya diterima atau diterima dalam kontroversi, kemudian lambat laun berubah menjadi preseden untuk sebuah perubahan."

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 - Vietnam Dapat Sinyal Bahaya dari Calon Lawannya di Laga Perdana