Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas Malaysia Fomo, Siap Naturalisasi 3 Pemain Keturunan Belanda

By Eko Isdiyanto - Senin, 23 September 2024 | 19:36 WIB
Pemain keturunan Malaysia yang membela Go Ahead Eagles, Mats Deijl. (GO AHEAD EAGLES)

SUPERBALL.ID - Tiga pemain keturunan Belanda tengah diincar Malaysia untuk dinaturalisasi, dua di antaranya junior Jay Idzes dan Mees Hilgers.

Isu Malaysia siap menaturalisasi pemain keturunan Belanda ini dihembuskan oleh akun Instagram Frfuturetalents dari Negeri Jiran.

Di mana akun tersebut mengklaim bahwa sejumlah pemain keturunan Belanda sudah masuk radar naturalisasi Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Malaysia sepertinya tak mau kehilangan momen akan tren global sepak bola yang sedang marak terjadi (FOMO) di Asia Tenggara.

Khususnya Timnas Indonesia yang saat ini diperkuat banyak pemain naturalisasi keturunan dan berdampak positif pada kualitas tim.

Sementara itu, Vietnam baru saja menyelesaikan proses naturalisasi striker asal Brasil yang bermain untuk Nam Dinh FC, Rafaelson.

Tim-tim ASEAN lain seperti Singapura dan Filipina juga masih melakukan hal yang sama, menaturalisasi pemain keturunan.

Bahkan, Timor Leste berani memanggil pemain kelahiran Australia untuk membela Timnas U-20 mereka di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Tak heran jika Malaysia enggan melewatkan tren naturalisasi pemain, hingga sejauh ini tiga nama santer dikabarkan bakal bergabung.

Baca Juga: Ancaman Digusur Park Hang-seo, Eks Pelatih Barcelona Punya Waktu 3 Bulan