Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ranking FIFA Terjun 21 Tangga, Malaysia Ejek Vietnam: Nasib Raksasa Jadi Nelangsa

By Eko Isdiyanto - Senin, 23 September 2024 | 22:03 WIB
Alami penurunan peringkat FIFA secara drastis, Vietnam diejek Malaysia. (VFF.ORG.VN)

SUPERBALL.ID - Media Malaysia tiba-tiba menyoroti ranking FIFA Vietnam yang merosot tajam pasca ditinggal Park Hang-seo, terjun bebas sebanyak 21 tangga.

Seiring rumor Park Hang-seo merapat ke Timnas Malaysia, publik Negeri Jiran tiba-tiba memberi perhatian khusus kepada Vietnam.

Satu hal sensitif coba disenggol media lokal Malaysia, di saat Timnas Vietnam sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja.

Di tahun 2024, Vietnam yang saat ini ditukangi Kim Sang-sik baru memetik satu kemenangan dari total 10 laga yang sudah dijalani.

Satu kemenangan itu ditorehkan Vietnam saat Kim Sang-sik melakoni debutnya sebagai pelatih baru pengganti Philippe Troussier yang mundur.

Alhasil, rentetan kekalahan yang dialami Vietnam berdampak pada peringkat FIFA yang mereka huni, sempat duduk di peringkat ke-94.

Posisi itu ditempati Vietnam kala masih ditukangi Park Hang-seo, namun setelah juru taktik asal Korea Selatan mundur, kisah The Golden Star Warriors berubah drastis.

Akhir Desember 2023, peringkat Vietnam turun di posisi ke-103, sebelum terjun ke peringkat 116 dunia pada September 2024 ini.

Total 21 tangga Vietnam turun peringkat semenjak ditinggal Park Hang-seo, tim ini juga gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Reaksi Media Vietnam saat Tahu Timnas Wanita Indonesia Diperkuat 7 Pemain Naturalisasi