Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Shin Tae-yong Cerita Kerandoman Bocil Indonesia ke Media Korea Sampai Ngakak Sendiri

By Eko Isdiyanto - Selasa, 1 Oktober 2024 | 09:24 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ceritakan kerandoman bocil Tanah Air ke media Korea sampai ngakak sendiri. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

SUPERBALL.ID - Lima tahun berada di Indonesia, Shin Tae-yong ceritakan kerandoman bocil (bocah cilik) Indonesia ke media Korea Selatan, sampai bikin ngakak sendiri.

Setengah dekade sudah dilewati Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, beragam cerita mewarnai perjalanan pria asal Korea tersebut selama membangun tim nasional Tanah Air.

Suka duka hingga hal kocak pun dialami Shin Tae-yong saat coba membawa Timnas Indonesia bangkit dari keterpurukan masa lalu, seperti yang ia beberkan ke media Korea.

Baru-baru ini, Shin Tae-yong diwawancari salah satu media Korea yang 'kepo' terhadap kisah perjalanan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Salah satu hal yang menarik adalah bagaimana Shin Tae-yong dibuat terkejut dengan kerandoman bocil-bocil di Indonesia.

Hal itu dialami ketika pertama kali datang di Indonesia, ia mengaku syok saat ada anak kecil berusia 4-5 tahun memanggilnya dengan sebutan nama saja.

Sedangkan di budaya di Korea, orang dengan profesi pelatih seperti Shin Tae-yong biasanya dipanggil dengan sebutan 'Direktur Shin Tae-yong' dalam Bahasa Indonesia.

Meski sebenarnya di Indonesia, memanggil orang yang lebih tua seusia Shin Tae-yong harus menggunakan kata 'Pak' atau 'Ibu'.

Atau juga bisa dengan sebutan 'coach', mengingat status Shin Tae-yong saat ini menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia.

Baca Juga: Masih Dicuekin Shin Tae-yong, Jens Raven Diminta Bersabar Tunggu Panggilan Gabung Timnas Indonesia Level Senior