Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Walaupun Timnas Indonesia Beda Level dengan Jepang, China Tetap Merasa Terancam

By Eko Isdiyanto - Jumat, 4 Oktober 2024 | 20:30 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sedang memberikan keterangan kepada awak media dalam sesi jumpa pers di Media Center Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (21/9/2024) siang. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

SUPERBALL.ID - Ketum PSSI Erick Thohir menyebut level Timnas Indonesia masih di bawah Australia dan Jepang, meski begitu masyarakat China tetap diselimuti ketakutan.

Timnas Indonesia masih belum berada di level yang sama dengan dua kekuatan sepak bola Asia, meski sudah diperkuat banyak pemain naturalisasi.

Dalam lanjutan fase Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia diperkuat 13 pemain keturunan.

Termasuk dua pemain keturunan yang baru selesai diproses naturalisasi, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Sebelum itu, Marselino Ferdinan dkk juga berhasil menahan imbang Arab Saudi dan Australia dalam dua laga kualifikasi sebelumnya.

Namun bukan itu permasalahannya, Erick Thohir punya alasan kuat mengapa skuad asuhan Shin Tae-yong dinilai masih belum selevel Jepang atau Australia.

Hal ini berkaitan dengan peringkat FIFA Timnas Indonesia yang masih jauh berada di bawah Australia dan Jepang.

Seperti yang diketahui bahwa Timnas Australia saat ini duduk di peringkat ke-25, sementara Timnas Jepang ada di posisi ke-16 dunia.

Bagi Erick Thohir, Timnas Indonesia saat ini berstatus sebagai underdog, namun bukan berarti bisa menganggap lawan berada di level yang sama.

Baca Juga: Timnas Indonesia Imbangi Arab Saudi dan Australia, Media China: Kami Juga Punya Harapan