Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nggak Kapok, Giliran Eks Arsenal yang Diklaim Pemain Malaysia

By Eko Isdiyanto - Rabu, 9 Oktober 2024 | 18:00 WIB
Dua bintang muda Arsenal, Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe, mengikuti jejak Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo di Manchester United berkat ketajaman mereka di Liga Inggris. (TWITTER.COM/OPTAJOE)

SUPERBALL.ID - Hasrat memiliki pemain keturunan top Eropa di benak masyarakat Negeri Jiran, kini giliran eks Arsenal diklaim media lokal sebagai pemain Malaysia.

Masih teringat jelas bagaimana FIFA menolak pengajuan naturalisasi pesepak bola asal Belanda, Mats Deijl, oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Alasan FIFA menolak pengajuan naturalisasi Mats Deijl jelas bahwa sang pemain tidak eligible untuk dinaturalisasi lewat jalur garis keturunan Malaysia.

Hasil penelusuran FIFA menyebutkan bahwa buyut Mats Deijl berasal dari Singapura yang wilayahnya pada saat itu masih berada dalam kekuasaan Malaysia.

Selain itu, pemain yang dinaturalisasi lewat jalur keturunan juga maksimal memiliki garis keturunan dari kakek atau nenek langsung.

Meski begitu, kenyataan pahit tak bisa diterima sebagian suporter Harimau Malaya, hingga melontarkan kata-kata tak pantas kepada FIFA.

Seolah tak kapok dengan itu, publik Malaysia lewat media lokalnya kembali membangun narasi pemain keturunan yang saat ini bermain di Liga Inggris.

Tak tanggung-tanggung, media lokal Malaysia, Makan Bola, bahkan mengklaim sosok tersebut sebagai pemain Malaysia di klubnya saat ini.

Padahal, sosok yang dimaksud sudah memiliki tiga caps bersama Timnas Inggris, dan telah membela skuad The Three Lions sejak di kelompok U-16.

Baca Juga: Pemain Keturunan Bikin Timnas Indonesia Ditakuti, Pelatih Bahrain dan China Kompak Mengakui