Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zinedine Zidane Akhirnya Sampaikan Kabar Baik buat Timnas Indonesia

By Taufik Batubara - Rabu, 23 Oktober 2024 | 11:39 WIB
Timnas Indonesia menanti Arab Saudi di Jakarta setelah bermain imbang di Jeddah. Arab Saudi kemungkinan datang dengan pelatih baru, tetapi bukan Zinedine Zidane. (THE-AFC.COM)

SUPERBALL.ID - Zinedine Zidane akhirnya menyampaikan keputusan tentang rumor akan menjadi pelatih Arab Saudi untuk menghadapi Australia dan Timnas Indonesia.

Dalam beberapa hari terakhir, nama Zidane memang diisukan akan menggantikan Roberto Mancini di skuad berjuluk Green Falcons itu.

Media Italia, Corriere della Sera, melaporkan bahwa Zidane menjadi target nomor 1 untuk menjadi pelatih Timnas Arab Saudi.

Federasi Sepak Bola Arab Saudi (Saudi Arabian Football Federation/SAFF) disebutkan sudah menyetujui Zidane sebagai pelatih baru timnasnya.

Bahkan, SAFF juga sudah menyiapkan pesangon kepada Mancini sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp503 miliar jika dipecat sebelum waktunya.

Pelatih dari Italia itu diangkat menjadi pengasuh Arab Saudi pada 27 Agustus 2023 hingga 2027 dengan gaji 25 juta euro atau sekitar Rp419 miliar per tahun.

Rencana penggantian Mancini merupakan jawaban atas tuntutan fans Arab Saudi yang kecewa terhadap kinerjanya di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga: Bersua Timnas Indonesia, Zinedine Zidane Ditolak Fans Latih Arab Saudi

Di tangan Mancini, Arab Saudi hanya mampu meraih 5 poin dari empat pertandingan, dengan rincian satu kali menang, satu kali kalah, dan dua kali imbang.

Salah satu hasil imbang itu terjadi saat menjamu Timnas Indonesia di Jeddah pada 5 September lalu dengan skor 1-1.