Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

ASEAN Cup 2024 - Vietnam Desak FIFA Ijinkan Nguyen Xuan Son Main di Piala AFF

By Eko Isdiyanto - Minggu, 27 Oktober 2024 | 18:30 WIB
Striker asal Brasil, Rafaelson atau Nguyen Xuan Son resmi dinaturalisasi timnas Vietnam. (INSTAGRAM/@RAFAELSON_10)

SUPERBALL.ID - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dikabarkan melakukan berbagai cara mendesak FIFA agar memberi ijin pemain naturalisasinya bermain di Piala AFF.

Usaha Vietnam bisa diperkuat pemain naturalisasi asal Brasil di Piala AFF atau ASEAN Cup 2024 masih terus dilakukan oleh federasi.

Federasi Vietnam terus mendesak FIFA agar memberikan ijin kepada Nguyen Xuan Son bisa dimainkan Timnas Vietnam di ajang tersebut.

Nguyen Xuan Son atau bernama asli Rafaelson merupakan pemain asal Brasil yang mendapat naturalisasi Vietnam pada September 2024.

Akan tetapi, pemain ini belum bisa membela Timnas Vietnam karena masa tinggalnya di Negeri Nasi sebenarnya masih belum memenuhi syarat naturalisasi.

Sama seperti di Indonesia, warga asing yang ingin dinaturalisasi harus menetap secara berangsur-angsur minimal selama lima tahun.

Xuan Son datang ke Vietnam pada Desember 2019 dan dikontrak Nam Dinh Club pada Januari 2020, dengan begitu ia baru bisa dimainkan Timnas Vietnam pada Januari 2025.

Meski begitu, Vietnam sudah tak sabar untuk segera mendapatkan jasa pemain berusia 27 tahun kelahiran Pirapernas, Brasil.

Sehingga Federasi Vietnam pun mendesak FIFA agar memberikan ijin kepada Xuan Son untuk bisa segera dimainkan Timnas Vietnam.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 - Hadapi Misi Wajib Menang, Vietnam Terancam Ikuti Jejak Seniornya