Advertorial

Percepat Vaksin untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Kolaborasi Berbagai Pihak Diperlukan

By Nana Triana - Kamis, 23 September 2021 | 17:36 WIB
Dialog Rabu Utama Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) – KPCPEN, Rabu (20/9/2021).
Dialog Rabu Utama Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) – KPCPEN, Rabu (20/9/2021).

SUPERBALL.ID - Perlindungan kesehatan di masa pandemi Covid-19 bagi anak berebutuhan khusus (ABK) membutuhkan upaya dan perhatian lebih. 

Oleh sebab itu, guna memastikannya pemerintah mendorong kerja sama dengan berbagai pihak baik dari komunitas, lembaga kesehatan, termasuk pihak swasta.

Salah satu lembaga yang ikut serta berkontribusi dalam percepatan vaksin bagi ABK dan penyandang disabilitas adalah Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Yayasan tersebut giat melaksanakan layanan vaksinasi melalui sentra vaksinasi lantatur (drive thru),  i-SERVE Vaccine YCAB.

Ketua Umum i-SERVE Vaccine YCAB James Revelino menyatakan, pihaknya telah membantu vaksinasi lebih dari seribu orang ABK berusia 12-17 tahun, kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Puskesmas Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Ia memaparkan hal tersebut saat hadir sebagai salah satu pembicara dalam Dialog Rabu Utama Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) – KPCPEN, Rabu (22/9/2021).

“Kami menyediakan metode drive thru, ruang vaksin terpisah, dan jalur khusus bagi para kaum difabel yang sulit melakukan vaksinasi bersama dengan masyarakat umum. Kami juga memberikanlayanan antar jemput bagi mereka, bekerja sama dengan Blue Bird,” ujar James menurut keterangan tertulis, Kamis (23/9/2021). 

Baca Juga: Ini Terduga Pelaku yang Bikin Lionel Messi Cedera, Ada Unsur Balas Dendam

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, pihaknya selalu melakukan persiapan diskusi dengan petugas dan pendamping, guna mendapatkan informasi tentang kondisi ABK yang akan disuntik.

“Sebelum divaksin, para relawan dan tenaga kesehatan berusaha membuat ABK merasa nyaman. Kemudian, setelah vaksinasi selesai, petugas juga terus melakukan pemantauan kondisi kesehatan ABK yang bersangkutan,” kata James.

Menurut James, semua upaya ini dilakukan, agar setiap ABK bisa mendapatkan hak perlindungan kesehatan seperti anak-anak pada umumnya.



Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA