Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Papua Football Academy - Mencari Kilauan Mutiara dari Tanah Papua untuk Mengharumkan Sepak Bola Indonesia

By Ragil Darmawan - Jumat, 31 Maret 2023 | 21:18 WIB
Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Rabu (31/8/2022).
BIRO PERS ISTANA KEPRESIDENAN
Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Rabu (31/8/2022).

SUPERBALL.ID - Papua Football Academy (PFA) telah hadir untuk membawa perubahan besar bagi sepak bola Indonesia.

PFA merupakan program dari PT Freeport Indonesia sekaligus wadah bagi putra Papua untuk mengasah kemampuan di bidang olahraga, khususnya sepak bola.

Akademi itu diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, pada 31 Agustus 2022.

Sebanyak 477 anak Papua kelahiran tahun 2009 dan 2010 yang berasal dari tiga daerah (Timika, Merauke, Jayapura) telah mengikuti serangkaian seleksi seperti tes bakat, psikologi dan kesehatan.

Dari proses seleksi tersebut, PFA akhirnya memiliki 30 siswa terbaik di tahun pertama.

Untuk tahun ini (angkatan kedua), PFA akan berusaha menjangkau lebih luas lagi daerah di Papua supaya bisa menjaring lebih banyak calon siswa berbakat.

"Tahun lalu kami cuma melakukan seleksi di 3 kota yaitu Timika, Jayapura, dan Merauke," kata Direktur Akademi PFA, Wolfgang Pikal.

"Tahun ini kami berencana melakukannya di 6 kota dengan menambah Biak, Serui, dan Nabire," lanjut mantan asisten pelatih Timnas Indonesia ini.

Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Rabu (31/8/2022).
PAPUAFOOTBALLACADEMY.COM
Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Rabu (31/8/2022).

Tak hanya dilatih untuk mengasah kemampuan bermain sepak bola, anak-anak terpilih itu juga dibekali pendidikan formal serta keterampilan khusus agar tumbuh menjadi siswa yang memiliki karakter kuat, kompetitif dan pintar.


Editor : Ragil Darmawan
Sumber : SuperBall.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X