Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Tak Cuma Fisik dan Taktik, Shin Tae-yong Butuh 3,5 Tahun Mengubah Mindset Pemain Timnas Indonesia

By Eko Isdiyanto - Kamis, 22 Februari 2024 | 12:43 WIB
Pelatiih timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memberi pernyataan kepada awak media jelang menghadapi Australia di babak 16 Besar Piala Asia 2023.
PSSI
Pelatiih timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memberi pernyataan kepada awak media jelang menghadapi Australia di babak 16 Besar Piala Asia 2023.

SUPERBALL.ID - Fakta menarik soal Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia, selama 3,5 tahun dihabiskan untuk mengubah mindset pemain selain fisik dan taktik.

Perubahan Timnas Indonesia tak hanya mencakup soal fisik pemain dan taktik bermain tetapi juga soal cara pikir sebagai pesepak bola level tim nasional.

Borok pemain Timnas Indonesia pun terungkap, di mana banyak yang terlalu santai bahkan sampai tak memiliki inisiatif untuk memulai latihan.

Hal itu dirasakan benar oleh Shin Tae-yong di awal-awal menjabat pelatih Timnas Indonesia, disaksikan langsung oleh Nova Arianto.

Nova adalah sosok asisten pelatih Timnas Indonesia yang saat ini diberi tanggung jawab menukangi Timnas U-16 Indonesia setelah 3,5 tahun bersama Shin Te-yong.

Baca Juga: Cerita Shin Tae-yong soal Situasi Timnas Indonesia Sebelum Tersingkir dari Piala Asia 2023

Eks pemain Persib Bandung itu menceritakan perubahan apa saja yang dialami pemain Timnas Indonesia selama berada di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Salah satunya perubahan mindset terlalu santai dan tak memiliki inisiatif memulai latihan, butuh 3,5 tahun lamanya Shin Tae-yong dan tim pelatih memperbaiki itu.

"Waktu awal-awal dia melihat ini pemain Indonesia kok lelet-lelet banget," ucap Nova Arianto seperti dikutip SuperBall.id dari BolaSport.com.

"Mulai latihan itu pemain turun dari bus, jalan santai baru siap-siap."


Editor : Ragil Darmawan
Sumber : BolaSport.com, SuperBall.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X