Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

UEFA Jilat Ludah Sendiri Akui Wasit Salah dalam Handball Cucurella Vs Jerman, Matthaeus Ngamuk

By Taufik Batubara - Selasa, 24 September 2024 | 13:48 WIB
Bola tembakan keras gelandang Timnas Jerman Jamal Musiala membentur tangan bek Spanyol Marc Cucurella dalam perempat final Euro 2024. Seusai laga itu, UEFA menyebut bukan penalti, tapi kini menyatakan sebaliknya. (THOMAS KIENZLE/AFP)

SUPERBALL.ID - UEFA menjilat ludahnya sendiri terkait keputusan wasit terhadap handball Marc Cucurella dalam perempat final Euro 2024 antara Spanyol dan Jerman.

Jerman tersingkir 1-2 melalui perpanjangan waktu, tetapi insiden itu menjadi drama terbesar Euro 2024 karena merasa dirampok oleh wasit Anthony Taylor dari Inggris.

Perempat final ketika itu memang sudah berlalu, namun debat soal handball dan keputusan wasit terus bergulir.

Momen kontroversial itu terjadi pada menit ke-113, hanya 6 menit sebelum Mikel Merino mencetak gol kemenangan 2-1 untuk Spanyol.

Ketika itu, gelandang serang Jerman Jamal Musiala coba menyelesaikan umpan dari Niclas Fuellkrug dengan menendang bola ke arah gawang Spanyol.

Bek Marc Cucurella yang berdiri di depannya menyebabkan tembakan Musiala berubah arah.

Dalam gerakan lambat, bola ternyata menyentuh tangan Cucurella, namun wasit Anthony Taylor dengan cepat menepis kejadian tersebut.

Usai laga itu, Timnas Spanyol terus meraih kemenangan melawan Prancis di semifinal hingga Inggris di final untuk menjuarai Euro 2024.

Baca Juga: EURO 2024 - Lebih dari 350 Ribu Fans Der Panzer Marah, Buat Petisi dan Tuntut UEFA Ulangi Laga Spanyol Vs Jerman

Sebelum Spanyol juara, protes besar menggema di Jerman.