Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Obral Jabatan Pelatih Timnas Malaysia, FAM: 4 Orang Siap Rebutan

By Eko Isdiyanto - Senin, 7 Oktober 2024 | 15:33 WIB
Pau Marti Vicente (tengah) mendampingi Kim Pan-gon dalam latihan Timnas Malaysia di Wisma FAM, Kelana Jaya, 5 Juni 2022, untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia 2023. (FAM.ORG.MY)

SUPERBALL.ID - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) memastikan posisi pelatih Timnas Malaysia tengah jadi rebutan banyak calon pelatih asing.

Timnas Malaysia sebenarnya saat ini sudah memiliki seorang Pau Marti sebagai sosok yang mengisi jabatan pelatih kepala.

Pau Marti dipilih FAM setelah Kim Pan-gon memutuskan mundur dari jabatannya, meski begitu masa depannya bisa terancam kapan saja.

Pasalnya, Datuk Wira Yusoff Mahadi selaku Wakil Presiden FAM, menyebut banyak pelatih asing yang siap merebut kursi pelatih timnas.

FAM pun harus mengevaluasi kandidat yang berminat, tujuannya untuk memastikan calon pelatih memiliki pemahaman budaya sepak bola Malaysia.

"Sebenarnya banyak yang tertarik menjadi pelatih Malaysia karena melihat Malaysia mampu bersaing di level (lebih tinggi)," kata Datuk Wira.

"Banyak sekali pelatih yang berminat tapi pada akhirnya kami akan memilih yang cocok untuk kami, contoh pelatih yang memahami budaya kami seperti dulu."

Mengapa hal itu dilakukan? Datuk Wira mengaku bahwa nama-nama besar yang berminat jadi pelatih tidak paham budaya Malayasia seperti apa.

Karena itu juga yang membuat FAM memercayakan kursi pelatih timnas kepada Pau Marti yang dianggap sudah paham budaya sepak bola Malaysia.

Baca Juga: Ditolak 8 Wakil Oseania, Malaysia Terpaksa Lawan Klub Lokal Selandia Baru di Laga Uji Coba