Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Matchday - 8 Tim Oseania Tolak Undangan FAM Bukan karena Takut Lawan Timnas Malaysia

By Ragil Darmawan - Selasa, 8 Oktober 2024 | 09:00 WIB
Legenda sepak bola Malaysia, Datuk Jamal Nasir Ismail, meminta semua pihak tidak menyalahkan FAM karena undangan Harimau Malaya ditolak 8 tim Oseania. (BHARIAN.COM.MY)

SUPERBALL.ID - Keputusan delapan tim yang menolak undangan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk menggelar laga pershabatan dinilai bukan karena takut melawan Harimau Malaya.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh legenda sepak bola Malaysia, Datuk Jamal Nasir Ismail.

Jamal menilai bahwa tim-tim tersebut menolak undangan FAM karena mereka memang telah memiliki komitmen lain, khususnya untuk ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ia pun menjelaskan bahwa FAM tidak bisa disalahkan karena kembali gagal melakoni laga persahabatan kelas atas sebelum menghadapi tim peringkat 95 dunia, Selandia Baru.

Duel antara Timnas Malaysia dan Timnas Selandia Baru dijadwalkan berlangsung pada 14 Oktober mendatang.

Jamal mengatakan semua pihak harus memahami bahwa negara lain juga memiliki komitmen dalam agenda FIFA Matchday, sehingga tidak harus menerima undangan dari FAM.

Baca Juga: FAM Sebut Banyak Tim Berminat Jadi Lawan Malaysia di FIFA Matchday, tapi...

"Ketika kita mengundang negara lain untuk bermain dan ditolak, kita tidak bisa berbuat apa-apa karena masing-masing negara punya komitmennya masing-masing," ujar Jamal sebagaimana dikutip SuperBall.id dari Bharian.

"Bukan berarti kalau kita undang mereka akan terus bermain (menerima)."

"Jadi mereka tidak ingin melawan kami di laga persahabatan karena mengganggu persiapan mereka menuju Kualifikasi Piala Dunia."