Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Persebaya Hadapi Kendala Terkait Relasi Pemain Lokal dan Asing

By Aulli Reza Atmam - Kamis, 12 April 2018 | 15:25 WIB
   Striker Persebaya, David da Silva (tengah) sedang dikerumuni rekannya saat merayakan gol ke gawang Persela pada laga pekan kedua Liga 1 2018 di Stadion Surajaya, Lamongan, 30 Maret 2018.
TB KUMARA/BOLASPORT.COM
Striker Persebaya, David da Silva (tengah) sedang dikerumuni rekannya saat merayakan gol ke gawang Persela pada laga pekan kedua Liga 1 2018 di Stadion Surajaya, Lamongan, 30 Maret 2018.

Hubungan antara pemain asing dan lokal di skuat Persebaya Surabaya tidak berlangsung begitu mulus karena adanya halangan berupa masalah bahasa.

Musim kompetisi 2018, Persebaya Surabaya dihuni beberapa pemain asing asal Amerika Latin.

Pemain asing tersebut di antaranya ada Otavio Dutra (Brasil), David da Silva (Brasil), dan Robertino Pugliara (Argentina).

Materi pemain ini jauh berbeda dengan musim lalu saat Persebaya masih di kasta kedua yang tanpa pemain asing.

Dengan keberadaan pemain asing, ada masalah bahasa yang berdampak pada kekompakan tim Persebaya.

(Baca juga: Ismed Sofyan Ungkap Cara Persija Siasati Padatnya Jadwal)

Hal itu seperti dirasakan oleh Oktafianus Fernando yang masih harus beradaptasi dengan striker asing, David da Silva karena faktor bahasa.

"Ya bahasa juga mempengaruhi kekompakan kita. Karena awalnya kita sering miss komunikasi karena belum paham apa mau David," kata Oktafianus.

Namun menurut Oktafianus, kekompakan pemain dengan pemain asing makin membaik seiring berjalannya waktu.

Hal itu setelah komunikasi ditengahi oleh sang pelatih Alfredo Vera yang juga dari Argentina dan paham bahasa Indonesia.


Editor : Aulli Reza Atmam
Sumber : jatim.tribunnews.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X