Jacksen F Tiago Bicara soal Hal-hal Negatif di Sepak Bola Indonesia

By Verdi Hendrawan - Senin, 2 Juli 2018 | 10:31 WIB
Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago saat berbincang-bincang santai dengan wartawan di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Jumat (27/4/2018).
MUHAMMAD ROBBANI/BOLASPORT.COM
Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago saat berbincang-bincang santai dengan wartawan di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Jumat (27/4/2018).

 Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago yang sudah malang melintang di dunia persepakbolaan Indonesia, mengaku bisa menyebutkan puluhan poin negatif yang telah membuat sepak bola di Tanah Air tidak kunjung maju.

Jacksen F Tiago sudah mengembara dari Brasil ke Indonesia sejak 1994 bersama Petrokimia Putra dan tampil di Liga Indonesia edisi pertama.

Sejak saat itu, Jacksen F Tiago hanya pernah tiga tahun meninggalkan sepak bola Indonesia sebagai pemain untuk berkarier di Liga China bersama Guangzhou Matsunichi (1998) dan Liga Singapura untuk Geylang United (1999) dan Home United (2001).

Setelah pensiun sebagai pemain pada 2001, Jacksen F Tiago pun tetap berada di Indonesia untuk menjadi pelatih dan hanya dua tahun hengkang ke Liga Malaysia untuk menangani Penang FA pada 2014 hingga 2016.

(Baca juga: Dapat Hak Pilih di Pilkada Serentak, Ini Komentar Duo Pemain Naturalisasi Sriwijaya FC)

Panjangnya karier Jacksen F Tiago di Indonesia membuat pelatih asal Brasil berusia 50 tahun itu cukup tahu banyak soal seluk beluk persepakbolaan di Tanah Air.

Dalam jumpa pers acara Allianz Junior Football Camp 2018 di Hotel Bellezza, Jakarta, pada Mingu (1/7/2018), Jacksen F Tiago yang didaulat untuk memberikan pelatihan kepada para pelatih usia muda di Indonesia mengaku paham kendala-kendala yang ada di sepak bola Tanah Air.

"Sebenarnya saya bisa menyebutkan puluhan poin negatif yang ada di dalam sepak bola Indonesia," ucap Jacksen F Tiago.

Namun karena keterbatasan waktu, pada kesemaptan tersebut Jacksen F Tiago hanya menyebutkan beberapa poin negatif yang memiliki pengaruh besar pada perkembangan sepak bola di Indonesia.



Editor : Aulli Reza Atmam
Sumber : BolaSport.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X