Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Prediksi Susunan Pemain Timnas U-23 Indonesia Menghadapi Thailand

By BolaSport - Jumat, 22 Maret 2019 | 08:28 WIB
Skuat timnas U-23 Indonesia dalam persiapan menuju kualifikasi Piala Asia U-23 2020.
PSSI.ORG
Skuat timnas U-23 Indonesia dalam persiapan menuju kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

SUPERBALL.ID - Timnas U-23 Indonesia dipastikan tanpa kehadiran Ezra Walian dalam laga melawan Thailand di babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Jumat (22/3/2019).

Ezra Walian tidak akan membela timnas U-23 Indonesia lantaran tidak diperbolehkan oleh FIFA.

"Berdasarkan data dari dokumen yang kami terima, Ezra Walian tidak berhak meminta berpindah asosiasi karena dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi sebagai perwakilan Belanda," demikian surat FIFA ke PSSI seperti dilansir BolaSport.com dari Kompas.

AFC mengetahui jika Ezra adalah pemain naturalisasi. Untuk itu, AFC meminta dokumen pendukung berupa sumpah kewarganegaraan, dekrit presiden, atau surat ketetapan lain. PSSI sudah mengirim dokumen tersebut tepat waktu.

Baca Juga : Statuta FIFA Ini yang Bikin Ezra Walian Tak Bisa Bela Timnas U-23 Indonesia

Setelah itu, AFC meminta agar PSSI mengirimkan surat dari KNVB yang mengklarifikasi bahwa Ezra belum pernah bermain di Timnas Belanda. KNVB merespons yang di dalamnya ternyata mencantumkan bahwa Ezra pernah bermain di Timnas U-17 Belanda pada ajang Piala Eropa tahun 2013 lalu.

Ezra Walian tercatat pernah membela Timnas U-17 Belanda pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa U-17 2014. Berdasarkan data situs web Transfermarkt, pemain kelahiran tahun 1997 itu telah bermain dua kali.

Menurut statuta FIFA soal status pemain yang berganti asosiasi, disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga dia diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional. Itu pun ada syarat yang harus dipenuhi.

Pemain tersebut tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya, termasuk hanya sebagai pengganti. Apabila dia pernah bermain untuk negara lain, dia tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya.


Editor : Gangga Basudewa
Sumber : BolaSport.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.