Advertorial

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Kembali Terjadi, Pemerintah Edukasi Prokes dan Percepat Vaksinasi

By Nana Triana - Rabu, 22 September 2021 | 15:42 WIB
Dialog Semangat Selasa Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN,  Senin (20/9/2021)
Dok. KPCPEN
Dialog Semangat Selasa Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN, Senin (20/9/2021)

SUPERBALL.ID – Saat ini, level Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah Indonesia mulai diturunkan secara bertahap. 

Tercatat, tidak ada lagi daerah di Jawa dan Bali yang menerapkan PPKM level 4. Hampir semua wilayah sudah menerapkan PPKM level 1 dan 2. Sementara, di luar Jawa dan Bali tinggal beberapa daerah saja yang masih berada pada level 4.

Namun, di tengah keberhasilan penanggulangan lonjakan kasus yang terjadi sejak Juli 2021, kekhawatiran akan datangnya gelombang ketiga (third wave) Covid-19 muncul. 

Menanggapi hal itu, Anggota Satgas Penanganan Covid-19 Sub Bidang Mitigasi Falla Adinda potensi lonjakan kasus di masa depan memang perlu diwaspadai. Namun, hal yang paling penting dan dapat dilakukan saat ini adalah terus berupaya mempertahankan kepatuhan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikannya saat hadir dalam Dialog Semangat Selasa Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang diselenggarakan Komisi Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Senin (20/9/2021). 

Baca Juga: Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro Ingatkan Masyarakat Pentingnya Skrining Pribadi

Ia menilai, saat ini kesadaran masyarakat untuk menerapkan prokes sudah cukup baik. Hal itu wajib dipertahankan meski level PPKM berangsur dilonggarkan.

“Jangan sampai setelah pembatasan mobilitas dilonggarkan , masyarakat menjadi lengah. Kampanye penerapan protokol kesehatan harus terus dilakukan, meskipun masyarakat sudah merasa jengah. Hindari keramaian, batasi mobilitas. Semoga third wave tidak terjadi,” katanya menurut keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

Senada dengan Falla, Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting juga menyampaikan pentingnya kepatuhan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) meski situasi pandemi berangsur kondusif dan level PPKM mulai diturunkan.

Menurutnya, berkaca dari negara lain, protokol kesehatan menjadi penentu terjadinya lonjakan kasus atau tidak di masa mendatang.


Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA