Advertorial

Antisipasi Lonjakan Penggunaan Internet saat Nataru, Kominfo Tingakatkan Kualitas Jaringan Internet Hingga 20 Persen

By Nana Triana - Rabu, 15 Desember 2021 | 19:42 WIB
Dialog Produktif KPCPEN: Melihat Kesiapan Jaringan Internet Akhir Tahun, Selasa (14/12/2021).
Dok. KPCPEN
Dialog Produktif KPCPEN: Melihat Kesiapan Jaringan Internet Akhir Tahun, Selasa (14/12/2021).

SUPERBALL.ID Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah melalui Kementerian Informatika (Kemenkominfo) berkomitmen mengingkatkan kualitas jaringan internet hingga 13-20 persen jelang masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Hal tersebut ditujukan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan traffic yang memengaruhi kualitas dan kecepatan internet.

Pelaksana tugas (plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Ismail menyatakan pada momen Nataru biasanya traffic mencapai 2 kali lipat dari volume normal harian.

Hal tersebut dikemukakan Ismail dalam Dialog Produktif KPC PEN "Melihat Kesiapan Jaringan Internet Akhir Tahun", Selasa (14/12/2021).

Guna menjaga kestabilan koneksi internet, pihaknya telah bekerja sama dengan penyedia telekomunikasi untuk menguatkan layanan internet di area permukiman dan residensial.

“Peningkatan kapasitas (internet dilakukan) agar tidak terjadi layanan yang terputus, karena banyak orang melakukan akses pada saat bersamaan (jelang Nataru). Sehingga diantisipasi dengan koordinasi untuk penambahan kapasitas di area-area yang tinggi traffic-nya,” kata Ismail.

Baca Juga: Piala AFF - Pelatih Malaysia: Gaya Main Timnas Indonesia Mirip Vietnam, tapi Kalah Kualitas

Upaya tersebut diharapkan mampu memudahkan aktivitas digital sekaligus mengurangi mobilitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Di samping mengoptimalkan koneksi internet jelang Nataru, Ismail menyatakan bahwa pemerintah juga terus menuntaskan proyek internet di kawasan Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T).

“Daerah 3T menjadi fokus pemerintah,” tegasnya.


Editor : Sheila Respati

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA