Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Belajar dari Tragedi Kanjuruhan Sepak Bola Indonesia Harus Lebih Baik, Liga Inggris Bisa Jadi Contoh Ideal

By Wibbiassiddi - Selasa, 4 Oktober 2022 | 11:35 WIB
Kericuhan dan kerusuhan mewarnai pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 bertajuk derbi Jawa Timur, Arema FC dan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Sabtu (1/10/2022)
KOMPAS.com/Suci Rahayu
Kericuhan dan kerusuhan mewarnai pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 bertajuk derbi Jawa Timur, Arema FC dan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Sabtu (1/10/2022)

SUPERBALL.ID - Sepak Bola Indonesia harus belajar dari Tragedi Kanjuruhan, sehingga ke depan bisa menjadi lebih baik lagi. Contoh terbaiknya adalah Liga Inggris.

Liga Inggris sebelum dikenal seperti sekarang yang aman dan paling kompetitif di dunia dalam sejarahnya memiliki tragedi serupa dengan Tragedi Kanjuruhan.

Dalam sejarah sepak bola Inggris dikenal Tragedi Heysel dan Hillsborough.

Tragedi Heysel terjadi saat Liga Champions 1985 yang mempertemukan Liverpool vs Juventus.

Baca Juga: Pendapat Pemilik Lisensi Security Officer FIFA soal Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan, Indonesia Bisa Bebas dari Sanksi Berat?

Kejadian bermula saat kedua suporter saling mengejek hingga berujung pada kerusuhan.

Akibatnya, ada sekitar 39 suporter yang meninggal dan lebih dari 600 penonton yang mengalami luka-luka.

Sementara Tragedi Hillsborough terjadi pada tahun 1989 saat semifinal Piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Nottingham Forest.

Akibat saling berjejalan saat keluar stadion dan banyak suporter yang terinjak-injak hingga menyebabkan kematian, dalam tragedi ini ada sekitar 96 korban jiwa.


Editor : Ragil Darmawan
Sumber : abcnews.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.