Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Wasit Vietnam Kuasai VAR, di Indonesia Masih Bikin Pusing Klub Liga 1

By Eko Isdiyanto - Kamis, 13 Juli 2023 | 15:08 WIB
Peralatan Video Assistant Referre (VAR) pesanan Vietnam untuk FIFA Matchday dan V-league.
dok-soha.vn
Peralatan Video Assistant Referre (VAR) pesanan Vietnam untuk FIFA Matchday dan V-league.

SUPERBALL.ID - Wasit Vietnam diklaim sudah menguasai VAR usai menjalani latihan selama 3 bulan, sejarah bagi salah satu rival Timnas Indonesia.

Video Assistant Referee atau VAR di Vietnam bukan lagi sekadar wacana usai para wasit lokal diklaim sudah menguasai teknologi canggih dunia perwasitan ini.

Kebutuhan VAR terhadap sepak bola dinilai sangat penting saat ini, banyak negara-negara yang berlomba-lomba bisa mendapatkan peralatan itu.

Vietnam selangkah lebih maju dari Indonesia, kompetisi sepak bola lokal Negeri Naga Biru disebut berhasil membua terobosan soal VAR.

Pelatihan terhadap para wasit yang dilakukan sejak akhir 2022 lalu, ditambah beberapa uji coba yang dilakukan pada tahun ini.

Baca Juga: Kebobolan 4 Gol dari 2 Laga, Kiper Persib Ungkap Kesulitannya di Awal Musim Liga 1

Para wasit dijejali seluruh pengetahuan soal VAR, selama enam hari dalam sepekan dengan durasi 12 jam setiap harinya mereka belajar.

Hingga pada 8 Juni lalu VAR resmi dioperasikan namun baru di pekan kelima V-League (Liga Vietnam) peralatan ini dipakai.

Beberapa kendala masih ditemui, selama lebih dari sepekan latihan seluruh wasit memasuki tahapan penting dengan pertandingan nyata berdurasi 90 menit.

Sekaligus menjadi ujian penting agar FIFA mengakui kualitas para wasit Vietnam sudah berada di taraf menguasai VAR dan diterapkan di V-League.


Editor : Eko Isdiyanto
Sumber : Soha.vn, SuperBall.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X