Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ribut Naturalisasi di Indonesia, Jude Bellingham Sampai Wayne Rooney Juga Produk Keturunan

By Eko Isdiyanto - Minggu, 15 September 2024 | 12:41 WIB
Naturalisasi pemain keturunan di Timnas Inggris layaknya Timnas Indonesia tapi tidak diributkan.
ADRIAN DENNIS/AFP
Naturalisasi pemain keturunan di Timnas Inggris layaknya Timnas Indonesia tapi tidak diributkan.

SUPERBALL.ID - Naturalisasi di Indonesia diributkan, sementara Timnas Inggris sudah lama menggunakan produk keturunan untuk memperkuat skuad The Three Lions.

Prestasi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 justru berbuah kecaman dari sejumlah tokoh publik yang merasa tidak senang.

Peter Gontha hingga Rocky Gerung mengaku lebih memilih Timnas Indonesia kalah ketimbang menang dengan diperkuat banyak pemain naturalisasi.

Hal ini perlu diluruskan karena peralihan kewarganegaraan dilakukan oleh para pemain keturunan dengan garis keturunan asal Indonesia.

Tidak seperti naturalisasi di masa lalu dengan para pemain asing yang tinggal di Indonesia selama lima tahun berturut sebagai syaratnya.

Nama-nama seperti Ragnar Oratmngoen, Thom Haye, Ivar Jenner, Calvin Verdonk hingga Maarten Paes memiliki kakek dan nenek asli Indonesia.

Meski begitu, sejumlah pihak berseberangan dan menganggap naturalisasi pemain tidak mencerminkan patriotisme bangsa.

Bahkan mereka lebih memilih Timnas Indonesia menelan kekalahan, ketimbang harus melihat kemenangan diraih dengan pemain keturunan.

Pihak-pihak ini seharusnya tahu bahwa peralihan kewarganegaraan adalah tindakan yang disahkan FIFA, bahkan dilakukan banyak negara maju.

Baca Juga: Duo Keturunan Jawa Milik Stoke City dan PSV Eindhoven Bela Timnas Indonesia


Editor : Ragil Darmawan
Sumber : Independent.ie, SuperBall.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X