Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pulang Kampung Usai Dihinakan Publik Vietnam, Philippe Troussier Cuma Tinggalkan Surat Cinta ke Pemain

By Eko Isdiyanto - Jumat, 5 April 2024 | 22:30 WIB
Philippe Troussier menghampiri Pratama Arhan usai pertandingan Timnas Indonesia versus Vietnam. (ZNEWS.VN)

SUPERBALL.ID - Mantan pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier mengirim pesan cinta kepada para pemain saat pulang ke Prancis usai dibantai Timnas Indonesia.

Usai sepakat kontraknya diputus Federasi Vietnam (VFF), Philippe Troussier akhirnya angkat kaki dari Negeri Naga Biru dan pulang kampung ke Prancis.

Philippe Troussier meninggalkan Vietnam pada Rabu (3/4/2024) sekaligus pertanda berakhirnya perjalanan karier sebagai pelatih The Golden Stars selama 13 bulan.

Hasil minor melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 jadi penyebabnya, ketidakpuasan publik Vietnam membuat federasi bertindak tegas.

Hanya beberapa jam setelah terbantainya Vietnam di Hanoi dari Timnas Indonesia dengan skor 0-3, VFF dan Troussier sepakat menyudahi kerja sama.

Baca Juga: Media China Deklarasikan Timnas Indonesia Raja Baru Sepak Bola Asia Tenggara

Kekalahan itu sekaligus menjadi ketiga kalinya ditelan Vietnam kala bersua Indonesia, sebelumnya kalah di Gelora Bung Karno dengan skor 0-1.

Sebelum itu juga kalah dengan skor 0-1 di babak penyisihan grup Piala Asia 2023, kekalahan itu juga yang membuat Vietnam tersingkir prematur dari ajang tersebut.

Bisa dikatakan, kekalahan di Stadion My Dinh dengan skor telak jadi puncak kemarahan masyarakat Vietnam terhadap Troussier.

Begitu dibencinya pelatih asal Prancis ini oleh publik Negeri Naga Biru, sesuatu yang selalu diungkapkan Troussier sebelum timnya berlaga.