Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Apa Tugas Steward Sepak Bola di Liga 1? Selain Gantikan Polisi sebagai Pengaman Stadion

By Wibbiassiddi - Minggu, 16 Oktober 2022 | 12:45 WIB
Penyusup di laga Mallorca Vs Barcelona yang meminta foto dengan Lionel Messi ditangkap Steward dalam stadion, Sabtu (13/6/2020)
TWITTER.COM/BRFOOTBALL
Penyusup di laga Mallorca Vs Barcelona yang meminta foto dengan Lionel Messi ditangkap Steward dalam stadion, Sabtu (13/6/2020)

SUPERBALL.ID - Setelah tragedi Kanjuruhan, semua elemen dalam sepak bola Indonesia melakukan evaluasi, salah satunya adalah lebih memprioritaskan fungsi dari steward.

Sebelumnya, pengaman stadion di Liga 1 adalah pihak kepolisian dan kadang dibantu dengan TNI.

Tapi setelah melakukan evaluasi, agar tragedi Kanjuruhan tidak terjadi lagi, polisi akan mengedepankan fungsi dari steward sepak bola.

Artinya, steward harus melakukan pencegahan dan melakukan tindakan pertama jika ada indikasi kericuhan di dalam stadion.

Baca Juga: Timnas U-20 Indonesia Berangkat ke Eropa, Pertanda Shin Tae-yong Tidak akan Mundur?

"Ke depannya, untuk pengamanan, kami lebih mengedepankan steward," ujar Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

"Untuk penggunaan gas air mata, kemudian peralatan-peralatan pengendalian massa, dan peralatan-peralatan yang dapat memprovokasi massa di stadion, itu tentunya tidak digunakan lagi."

Lantas sebenarnya apa fungsi dari steward sepak bola selain menggantikan polisi?

Peran dan fungsi steward sepak bola tercantum dalam regulasi FIFA tentang keamanan dan keselamatan di stadion (Stadium Safety and Security).


Editor : Ragil Darmawan
Sumber : SupeBall.id, FIFA.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.