Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Disebut Babi oleh Bocah 15 Tahun, Kiper Filipina Curhat Rasisme di Liga Inggris

By Eko Isdiyanto - Senin, 20 Februari 2023 | 16:28 WIB
Kiper timnas Filipina Neil Etheridge.
DOK PFF
Kiper timnas Filipina Neil Etheridge.

SUPERBALL.ID - Kiper Filipina, Neil Etheridge sudah 17 hari menjadi korban rasisme di Liga Inggris, teranyar palang pintu terakhir Birmingham City itu curhat kelakuan bocah 15 tahun fan lawan.

Inggris dipenuhi masyarakat multikultural selama beberapa dekade dan olahraga nasional dikerumuni banyak kampanye serta slogan yang menyuarakan gerakan anti-rasisme.

Di dunia sepak bola, rasisme sudah menjadi makanan sehari-hari sepak bola Inggris dengan banyak yang mengalaminya, termasuk Neil Etheridge.

Jika biasanya rasisme di sepak bola menyasar pada warna kulit, kiper Filipina itu mendapat perlakuan berbeda dengan latar belakang asal-usulnya.

Neil merupakan blasteran Inggris-Filipina, darah negara ASEAN berasal dari sang ibu, sementara ayahnya asli orang Inggris.

Baca Juga: Masalah Lama Terulang Kembali, Persib Bandung Belum Dapat Kandang Jelang Laga Sengit Kontra Arema FC

Selama beberapa musim berkarier di Liga Inggris, Neil Etheridge belum merasakan menjadi korban rasisme dengan warna kulit yang dikagumi masyarakat Eropa.

Barulah pada 28 Januari 2023 lalu, tepatnya saat membawa Birmingham City berhadapan dengan Blackbunr Roverst dalam lanjutan Piala FA.

Neil berhasil membawa Birmingham menahan imbang Blackburn dengan skor 2-2 di markas lawan, sebelum secara mengejutkan satu orang fan melemparkan ucapan dan aksi rasis terhadapnya.

Tak hanya lewat ucapan 'babi' tetapi juga gesture mata sipit, kiper timnas Filipina di Piala AFF 2010 itu tak menyangka bisa mendapat perlakukan seperti itu.


Editor : Eko Isdiyanto
Sumber : Thesun.co.uk

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X