Baca berita tanpa iklan. Gabung Bolasport.com+

Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Gelar Rapat Darurat untuk Keluarkan Israel dari Sepak Bola Dunia

By Eko Isdiyanto - Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:40 WIB
Israel terancam dikeluarkan oleh FIFA dari sepak bola dunia.
ATTILA KISBENEDEK/AFP
Israel terancam dikeluarkan oleh FIFA dari sepak bola dunia.

SUPERBALL.ID - FIFA bakal menggelar rapat darurat guna membahas rencana mengeluarkan Israel dari sepak bola dunia karena kejahatan perang terhadap Palestina.

Rencana rapat darurat FIFA itu disampaikan langsung oleh Gianni Infantino sebagai orang nomor satu di badan sepak bola dunia tersebut.

Infantino membenarkan pihaknya akan melakukan penilaian hukum terhadap proposal yang diajukan oleh Asosiasi Sepak Bola Palestina (Palestinian Football Association/PFA).

Proposal dari PFA itu baru dimasukkan kembali ke dalam kongres tahunan FIFA di Bangkok, Thailand, yang digelar pada 15 hingga 17 Mei 2024.

PFA tidak sendiri, karena proposal mereka mendapat dukungan penuh dari Federasi Sepak Bola Aljazair, Irak, Yordania, Suriah, dan Yaman.

Infantino mengatakan, putusan terkait proposal tersebut akan diumumkan setelah rapat darurat dewan organisasi pada bulan Juli mendatang.

Padahal, proposal tersebut sebetulnya sudah diajukan sejak bulan lalu oleh PFA, yang berisi pernyataan terhadap Israel yang sudah melakukan kejahatan perang luar biasa di Palestina.

Baca Juga: PSSI-nya Iran Desak FIFA Beri Sanksi untuk Israel Imbas Perang di Gaza

Selain itu, PFA menyatakan tindakan Israel itu sudah melanggar kesepakatan mengikat dari Mahkamah Internasional (ICJ) terkait genosida di Gaza.

"Sepak bola tidak boleh dan tidak pernah boleh menjadi sandera politik," tegas Gianni Infantino, sebagaimana dikutip SuperBall.id dari The Telegraph.


Editor : Ragil Darmawan
Sumber : SuperBall.id, TheTelegraph.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X